SOLOPOS.COM - poster ketiga tahanan yang melarikan diri (google)

poster ketiga tahanan yang melarikan diri (google)

Namun, ada juga beberapa bukti kuat yang menunjukkan setidaknya satu dari mereka selamat. Sehari setelah pelarian, seorang pria yang mengaku sebagai John Anglin disebut telah menghubungi firma hukum di San Francisco, yang dikenal sering mewakili para tahanan Alcatraz.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Eugenia MacGowan, seorang pengacara di firma hukum, yang menerima telepon tersebut. “Saya John Anglin. Dan saya ingin Anda untuk menghubungi kantor Marshall AS,” ujar MacGowan menirukan telepon itu.

Saat dirinya menanyakan alasan, suara lelaki itu menyahut, “Apakah kau tahu siapa aku?”

“Saat aku berkata ‘Tidak’, dia menyahut, ‘Baca koran!’ dan ia langsung menutup telepon”, kisah MacGowan.

Keyakinan bahwa ketiga napi tersebut selamat dalam pelarian itu juga dimiliki Darwin Coon, seorang mantan napi Alcatraz. Coon adalah satu dari segelintir saksi pelarian bersejarah pada 1962 itu yang kini masih hidup.

Dikisahkannya, suasana penjara Alcatraz pada 12 Juni 1962 pagi seolah-olah “meledak”, saat para sipir memaksa semua napi yang saat itu tengah sarapan, kembali ke sel masing-masing. “Aku kembali ke rumah sel dan semua berteriak, ‘Mereka berhasil pergi, mereka bebas’,” kenang Coon.

Coon mengaku tidak terkejut sama sekali dengan pelarian itu. Selama hampir enam bulan, ia telah membantu John Anglin mencuri alat-alat pertukangan, mulai dari obeng, tang, dan gunting.

“Dia adalah teman saya. Ya, mereka dua saudara adalah orang-orang baik,” ujarnya menngenak Anglin bersaudara. Meskipun tak pernah mendengar tentang teman-temannya itu lagi, menurut Coon itu hanya berarti satu hal, mereka berhasil lolos.

Banyak orang yang tampaknya ingin mempercayai hal itu, terutama dengan alasan bahwa ketiga napi tersebut menyiapkan rencana dengan “telaten dan teliti”. Termasuk Marsekal Michael Dyke, petugas kepolisian California, yang hingga lebih dari setengah abad pelarian itu, masih mempunyai berkas kasus aktifnya. (Bersambung Bagian XIII)

Dari berbagai sumber

Bagian XI

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya