SOLOPOS.COM - Clarence (kiri) dan John Anglin (wikipedia.org)

Clarence (kiri) dan John Anglin (wikipedia.org)

Mengenai ketokohan Morris bahkan diakui oleh mantan kapten pengawal Alcatraz, Philip Bergen, yang menceritakan sosok Morris dengan rasa hormat. “Dia adalah pemikir. Sesuatu yang berhubungan dengan melarikan diri ini, bahwa otak sebenarnya di balik itu dapat diarahkan ke Morris,” ujarnya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dua pria lain yang menjadi rekan Morris dalam pelarian fenomenal tersebut juga sama-sama akrab dengan dunia hitam kejahatan terorganisir. Dua bersaudara John dan Clarence Anglin menjalani hukuman di Alcatraz atas ulah mereka dalam perampokan bank.

Sebelumnya, John dan Clarence ditahan di Lembaga Pemasyarakatan Federal Atlanta, bersama saudara mereka lainnya, Alfred. John dan Clarence kemudian menyusul Morris ke Alcatraz juga karena catatan suka meloloskan diri dari tahanan.

Selain John dan Clarence, ada orang keempat yang berperan dalam pelarian itu, yakni Allen West, yang menempati sel berdekatan dengan Morris. West merupakan salah satu pencetus ide meloloskan diri menggunakan lubang ventilasi, meskipun akhirnya dia tak berhasil meloloskan diri.

Rencana pelarian itu mulai terbentuk pada Desember 1961, dimulai dengan mengoleksi beberapa pisau lama, yang diduga ditemukan West di salah satu koridor utilitas saat melakukan pembersihan. Rencana tersebut sangat kompleks, cerdik dan teliti.

Mulai dari pembuatan replika boneka manusia hidup yang sangat mirip, rakit air dan kantong-kantong penyelamat yang dibuat dari lebih dari 50 jas hujan yang diperoleh atau dicuri dari tahanan lain. Mereka juga membuat sejumlah alat untuk menggali serta membuat sejumlah alat pendukung lain seperti bor dan pompa rakit. (Bersambung Bagian V)

Dari berbagai sumber

Bagian III

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya