Kuliner Legendaris Solo: Es Dawet Telasih Bu Dermi, Dulu Dijual Cuma Rp250
Es Dawet Telasih Bu Dermi Solo (Istimewa/Aulianisa Salsabila).

Solopos.com, SOLO — Siapa yang tak mengenal salah satu kuliner legendaris Solo, Es Dawet Telasih Bu Dermi ini? Minuman nan menyegarkan itu mudah ditemukan di Pasar Gede Solo, salah satu pusat oleh-oleh di Kota Bengawan.

Bahkan, sejak Pasar Gede Solo berdiri, Es Dawet Telasih Bu Dermi ini sudah ada. Alhasil, minuman yang terdiri dari campuran cendol, biji selasih, dan bubur sumsum ini memang sudah sangat fenomenal dan banyak digemari oleh wisatawan.

Kesurupan Bisa Menular Terutama pada Perempuan, Ini Cara Mencegahnya

Saat ditemui Solopos.com pada Rabu (19/8/2020), pemilik Es Dawet Telasih Bu Dermi mengaku sudah melayani pembeli sejak tahun 1930 dan resepnya diturunkan oleh penerus generasinya. Hingga kini sudah diteruskan oleh generasi ketiga.

Dalam satu porsi Es Dawet Telasih Bu Dermi, Anda akan disuguhkan campuran kuah santan, cendol, gula aren, nangka yang telah diiris, bubur sumsum, dan ketan hitam. Es dawet ini dinilai oleh pembeli spesial dan berbeda lantaran menggunakan bahan-bahan alami.

Es Dawet Telasih Bu Dermi Solo
Satu porsi Es Dawet Telasih Bu Dermi (Istimewa/Aulianisa Salsabila).

Gas Lur! Gorengan Unik Bu Reni Solo, Pedesnya Sambal Bawang Bikin Nagih

Lapak bjualan yang kecil tidak membuat es dawet telasih legendaris ini sepi pengunjung. Nyatanya dalam sehari pemilik Es Dawet Telasih Bu Dermi bisa menjual dalam jumlah yang terbilang fantastis.

“Sehari bisa lebih dari 100 porsi, belum yang dibungkus bawa pulang. Cabang-cabangnya juga jualnya tetep di dalam pasar, soalnya tetep mau melestarikan kesan tradisionalnya,” ungkap Uti, generasi ketiga dari pemilik Es Dawet Telasih Bu Dermi.

Aktivitas Menyenangkan Ini Juga Bisa Bakar Kalori, Nomor 3 Pasti Suka!

Dulu Rp250 Kini Rp10.000

“Awal kenapa jual es dawet juga karena dulu di Pasar Gede ini belum ada yang jual. Dan dulu zaman saya kecil dijual dengan harga Rp250 saja” tambah Uti.

Karena keunikannya tersebut, tak heran minuman ini menjadi kuliner yang legendaris di Solo.

Dianggap Berbahaya, Ternyata Kulit Ayam Juga Punya Manfaat Lho

“Kalau gak makan kesini kepikiran, jadi tempat wajib kalau ke Solo. Gak ke Solo rasanya kalau enggak mampir kesini. Rasanya unik gitu, bikin nagih. Ke sini itu dari zaman harganya masih Rp2.500, sekarang udah Rp 10.000” kata Yuli pengunjung setia Es Dawet Telasih Bu Dermi asal Depok.

Satu porsi Es Dawet Telasih Bu Dermi Solo ini dijual dengan harga Rp10.000 dan bisa dinikmati pada 08.00 WIB hingga 15.00 WIB. Namun perlu diingat, jika ingin menikmati Es Dawet Telasih Bu Dermi, siap-siap antre ya.

Awas, Kulkas Bisa Meledak Kalau Minuman Ini Disimpan di Freezer

“Semoga Es Dawet Telasih Bu Dermi ini tetep bisa maju, dan bisa lebih luas lagi penyebarannya untuk di Kota Solo, supaya turis dan orang luar kota lainnya tetep bisa datang ke Solo,” harapan Uti.

Bikin Iri! Ini Momen Mesra Tante Ernie Pemersatu Bangsa Bareng Suami

Cari Warung Pokwe di Solo? Baca Ini

Referensi Kuliner Solo Lainnya



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom