SOLOPOS.COM - Gunung Merapi kembali erupsi pada Sabtu (28/3/2020) malam. (Twitter @bpptkg)

Solopos.com, SLEMAN – Erupsi Gunung Merapi kembali terjadi, Sabtu (28/3/2020). Warga Cangkringan, Sleman, DIY, mengaku sempat mendengar dentuman saat erupsi terjadi.

Berdasarkan laporan di akun Twitter @BPPTKG, erupsi Gunung Merapi terjadi pukul 19.25 WIB.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Erupsi tercatat di seismogram dengan amplitudo 75 mm dan durasi 243 detik. Teramati tinggi kolom erupsi 3.000 meter. Arah angin saat erupsi ke barat,” demikian informasi yang dibagikan BPPTKG.

Lockdown di Kampung Karangwuni Kulon Ceper Klaten: Bank Plecit Jangan Nagih Dulu Pliss...

BPPTKG mengimbau masyarakat di sekitar Merapi tetap tenang. Tingkat aktivitas Gunung Merapi saat ini waspada atau berada di level II.

“Jarak bahaya dalam radius 3 km dari puncak Merapi. Di luar radius tersebut masyarakat dapat beraktivitas seperti biasa,” sambung BPPTKG.

Salah seorang warga Sleman, DIY, Gani Sadat mengaku mendengar suara dentuman. “Tadi dengar suara dentuman. Kalau jarak rumah sekitar lebih dari 10 kilometer,” terang Gani Sadat yang berstatus sebagai anggota DPRD Sleman seperti dikabarkan Detik.com.

Pakar Matematika UNS Solo: Wabah Corona di Indonesia Bisa Berhenti dalam 100 Hari, Jika...

Meski demikian, kondisi di lingkungan sekitarnya aman. “Semua masih aman dan warga tidak ada yang mengungsi,” terang dia.

Aman Terkendali

Kondisi di Kaliurang juga terpantau aman setelah erupsi Gunung Merapi terjadi lagi.

“Kaliurang masih aman terkendali. Belum ada tanda hujan abu,” terang Komamdar SAR Satlimnas Kaliurang, Kiswanto.

Netizen pengguna akun Twitter @Sulistiyo171, menjelaskan situasi di Selo, Boyolali juga aman terkendali.

Ini Resep Bubur Ketan Hitam Pengusir Wabah Corona Ala Mahamenteri Keraton Solo

Diberitakan sebelumnya, Gunung Merapi juga mengalami erupsi pada Jumat (27/3/2020) pukul 21.46 WIB. Saat itu tinggi kolom erupsi 1.000 meter di atas puncak dan condong ke arah barat. Total sejak itu, Gunung Merapi erupsi sebanyak empat kali.

Jika dibandingkan dengan erupsi pada Jumat (27/3/2020) pukul 10.56 WIB, kekuatan letusan Merapi Sabtu ini lebih kecil. Pada Jumat siang, tinggi kolom mencapai 5.000 meter.

Jateng Tetapkan Status Tanggap Darurat Corona

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya