SOLOPOS.COM - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (27/6/2022). (Bisnis.com)

Solopos.com, JAKARTA — Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir yang meraih penghargaan sebagai Tokoh Syariah 2022.

Penghargaan sebagai tokoh syariah itu diberikan karena Erick Thohir mampu menggabungkan sejumlah bank menjadi Bank Syariah Indonesia (BSI).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) K.H. Abdullah Latopada mengucapkan selamat kepada Erick Thohir yang kini menjadi bagian dari keluarga besar NU itu.

“Saya mengucapkan selamat atas pemberian penghargaan kepada Pak Erick Thohir sebagai Tokoh Syariah 2022. Dalam ekonomi syariah, dia berhasil melakukan merger bank syariah menjadi bank besar di Indonesia,” kata K.H. Abdullah Latopada dihubungi di Jakarta, Jumat (16/9/2022).

Baca Juga: Menteri Erick: Garuda Indonesia Setop Jual Tiket First Class

Penghargaan itu, kata dia, sebagai prestasi Erick karena berhasil melakukan merger tiga bank syariah menjadi BSI.

Selain itu, dia menilai Erick yang juga Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) punya kontribusi besar dalam mendorong perkembangan ekonomi syariah di Indonesia.

Ia menjelaskan terbentuknya BSI menjadi angin segar bagi umat, khususnya pada pesantren, karena ke depan tidak lagi bingung menabung di bank mana.

Baca Juga: Menteri ESDM Bantah Penghapusan Listrik 450 VA

Mantan Kakanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Tengah itu menyebut penghargaan itu merupakan bentuk apresiasi atas prestasi dan kerja kerasnya mengembangkan keuangan syariah di Indonesia.

“Saya kira ini suatu terobosan baru bagi kami orang pesantren,” katanya, seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Dikatakan dia, konsep Bank Syariah Indonesia yang digagas oleh Erick Thohir akan menjadi bank besar di Indonesia karena yang bersangkutan dikenal sebagai orang yang paham betul tentang dunia perbankan.

Baca Juga: Erick Thohir Ajak Hacker Indonesia Bersatu Lindungi Data Pribadi Masyarakat

Tidak hanya pada dunia perbankan, menurut dia, Erick Thohir juga menjadi sosok di balik modernisasi ekonomi pesantren di Indonesia.

“Pemikiran itu tidak hanya dilontarkan, tetapi langsung bertindak, dan itu pun Erick tunjukkan di kalangan pondok pesantren ataupun membuat wirausaha di pondok pesantren,” katanya.

Abdullah menyarankan agar pemerintah memikirkan agar BSI ini bisa menembus pasar internasional.

Baca Juga: Hacker Bjorka Senggol Puan Maharani, Erick Thohir, dan Denny Siregar

Menurut dia, kualitas Menteri BUMN dalam mengelola suatu perusahaan, khususnya perbankan, sangat baik dengan potensi keberhasilan sangat tinggi.

“Kita perlu berikan dukungan seluas-luasnya, sepenuh-penuhnya untuk mengembangkan pemikirannya tentang Bank Syariah,” kata Abdullah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya