SOLOPOS.COM - Erick Thohir berangkat ke Paris, Prancis, Rabu (9/5/2024), untuk mendukung Timnas U-23 melawan Guinea, Kamis (9/5/2024). (Istimewa)

Solopos.com, PARIS — Ketua Umum PSSI Erick Thohir terbang ke Paris, Rabu (8/5/2024), untuk memberikan dukungan kepada Garuda Muda yang berusaha merebut tiket terakhir ke Olimpiade Paris 2024 pada Kamis (9/5/2024).

Erick Thohir akan menonton langsung laga Timnas U-23 Indonesia melawan wakil Afrika, Guinea dalam laga play off yang disiarkan RCTI mulai pukul 18.00 WIB.

Promosi Yos Sudarso Gugur di Laut Aru, Misi Gagal yang Memicu Ketegangan AU dan AL

Take off ke Paris, Bismillah. #KitaGaruda #GarudaMendunia,” tulis Erick Thohir di akun Instagramnya, @erickthohir, seperti dikutip Solopos.com.

Menteri BUMN itu meminta rakyat Indonesia mendoakan Garuda Muda mampu mengalahkan Guinea untuk mencetak sejarah lolos ke olimpiade setelah menunggu 68 tahun.

Menurut Erick Thohir, generasi emas sepak bola Indonesia telah lahir. Namun persaingan ke depan semakin berat karena itu dibutuhkan kerja sama dan dukungan semua pihak, termasuk jutaan suporter.

“Bisa melihat Indonesia bersaing di level Asia adalah sebuah kebanggaan. Ini bukan akhir, tapi baru awal dalam membangun prestasi Indonesia yang lebih besar di masa depan,” katanya.

Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo meyakini Timnas U-23 Indonesia mampu menumbangkan Guinea dalam laga play off Olimpiade Paris 2024 yang akan berlangsung di Clairefontaine, Prancis, pada Kamis (9/5).

Ia mengatakan, prestasi Garuda Muda pada ajang Piala Asia U-23 juga membuat Guinea tidak bisa meremehkan tim asuhan pelatih Shin Tae-yong tersebut.

“Kita lihat juga pelatih dari Guinea juga menyatakan tim kita tidak bisa dipandang sebelah mata,” ujarnya.

Dito mengatakan, Kemenpora terus memberikan dukungan untuk Marselino Ferdinan dan kawan-kawan seperti berkoordinasi dengan Duta Besar Indonesia di Prancis untuk menyambut Timnas U-23 saat tiba di Paris.

Para pemain sudah mendapat sambutan yang baik mulai dari penjemputan di bandara dan diajak makan bersama, dan mulai menjalani latihan untuk menghadapi pertandingan.

Dito mengatakan apapun hasil pertandingan melawan Guinea tetap akan menjadi pencapaian terbaik Timnas Indonesia U-23.

Menurut dia, Garuda Muda sudah mengukir sejarah yang dicapai dengan cara yang tidak instan.

“Apapun hasil besok, saya minta masyarakat tetap dukung dan menganggap momentum Asia Cup 2024 yang baru berlalu adalah langkah awal timnas U-23 mengukir sejarah ke depannya,” katanya.

Garuda Muda akan melakoni laga mati-hidup melawan wakil dari Afrika Guinea dalam laga play-off memperebutkan tiket berkompetisi pada Olimpiade Paris 2024.

Guinea adalah tim peringkat 4 Piala Afrika U-23 2023. Berdasarkan peringkat FIFA yang dirilis pada April 2024, Guinea menempati peringkat ke-76 dengan 1.324,65 poin, sedangkan Indonesia berperingkat 134 dengan mengemas 1102,7 poin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya