SOLOPOS.COM - Menteri BUMN Erick Thohir (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA – Menteri BUMN Erick Thohir optimistis dapat mempertahankan kontribusi badan – badan usaha milik negara pada tahun 2024 tetap setinggi tahun 2023.

Salah satu indikatornya adalah target setoran dividen pada tahun 2024 akan mencapai Rp80,2 triliun atau sama dengan setoran dividen BUMN pada tahun 2023.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut Erick, perolehan dividen tahun 2023 yang disetorkan ke kas negara sebesar Rp 80,2 triliun merupakan pencapaian bersejarah karena tidak pernah setinggi itu sebelumnya.

Hal tersebut merupakan prestasi semua pihak, selain Kementerian BUMN sebagai pengawas dan pengelola, ada peran parlemen yang mendukung kebijakan pengembangan BUMN, serta kontribusi pada direksi dan komisaris ada BUMN-BUMN yang memperoleh laba.

“Sekarang adalah prestasi bersama, sehingga bisa memberikan dividen Rp 80,2 triliun. Oleh karena itu pada tahun 2024, kami memberanikan diri menjaga dividen Rp 80,2 triliun karena kinerja BUMN yang pada saat ini kian membaik,” ujar Erick dalam Rapat Kerja Bersama Komisi VI DPR di Jakarta, Senin (5/2023).

Kinerja BUMN yang membaik tersebut, menurut Erick, sudah merata. Dari 41 perusahaan, hanya ada sekitar 5-8 BUMN yang belum menghasilkan profit. Selebihnya sudah mencetak laba.

Erick mengatakan, perolehan laba pada sebagian besar BUMN tersebut merupakan buah dari transformasi dan efisiensi yang dilakukan.

Perolehan tersebut akan terus dijaga dengan mempertimbangan kondisi geopolitik hingga persaingan ekonomi yang cukup berat di antara negara-negara di dunia saat ini, sehingga menyebabkan rantai pasok terganggu.

“Termasuk di antaranya adalah perkembangan digital dan peraturan di berbagai negara yang bisa memberikan efek sehingga patut diantisipasi,” ungkap Erick dalam keterangan tertulisnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya