Tutup Iklan

Erick Thohir Minta Toilet SPBU Digratiskan, Ini Tanggapan Masyarakat

Sebagian masyarakat yang bepergian biasanya mampir ke SPBU untuk mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM), sekalian istirahat salat dan ke toilet.

 Ilustrasi SPBU. (JIBI/Dok.)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi SPBU. (JIBI/Dok.)

Solopos.com, SOLO — Pernyataan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, yang mengkritik keberadaan toilet berbayar di SPBU Pertamina dan meminta fasilitas umum tersebut digratiskan direspons berbeda oleh masyarakat.

Salah satu perantau asal Solo yang sering bepergian, Pujiati, 32, mengatakan toilet merupakan kebutuhan wajib saat perjalanan. Biasanya dia mampir ke SPBU untuk mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM), sekalian istirahat salat dan ke toilet. Berdasarkan pengalamannya, beberapa SPBU yang gratis terasa berantakan dan tak terawat.

Padahal sebagai pelaku perjalanan jauh, ia butuh fasilitas yang nyaman. Oleh karena itu, Puji memilih membayar Rp2.000 asalkan kebersihan toilet terjamin. “Saya lebih suka toilet bersih. Jadi kalau gratis dan malah dibiarin, ya gimana ya. Kecuali gratis tapi ada fasilitasnya tetap nyaman,” kata dia, Kamis (25/11/2021).

Baca juga: Pertamina: Kebersihan Fasilitas SPBU Menjadi Tanggung Jawab Pengelola

Beberapa SPBU dengan fasilitas lengkap seperti rest area menurut Puji justru harus berbayar karena ada berbagai kelengkapan. Alih-alih mendukung Menteri BUMN soal toilet SPBU, ia menilai banyak masalah besar soal SPBU dan BBM yang menurutnya cukup krusial ketimbang toilet.

Sementara itu, pegawai swasta di Solo, Astini, 26, mendukung langkah Menteri BUMN. Menurutnya, toilet merupakan fasilitas umum yang harusnya jadi bagian dari pelayanan SPBU meskipun tak semua orang yang ke toilet merupakan pembeli BBM. “Lagipula pengusaha mengeluarkan uang sedikit untuk biaya kebersihan seharusnya enggak apa-apa. Masak iya dibebankan ke masyarakat juga,” kata dia.

Lebih lanjut, Astini meminta para pengusaha tetap mengutamakan pelayanan dan kebersihan toilet meskipun sekarang digratiskan. “Kalau setelah ini toilet jadi kotor, ya mending bayar sih. Kecuali bayarnya sampai Rp5.000 itu sudah berlebihan,” kata dia.

Baca juga: Toilet Trending Topic di Twitter Gara-Gara Erick Thohir

Sebelumnya, PT Pertamina (Persero) diwakili Corporate Secretary Subholding Commercial And Trading Pertamina, Irto Ginting, saat dimintai konfirmasi Solopos.com, Rabu (24/11/2021), memastikan akan menggratiskan penggunaan toilet di SPBU. Keputusan itu merespons teguran Menteri BUMN, Erick Thohir, soal biaya masuk toilet di sejumlah SPBU Pertamina.

Irto menjelaskan toilet merupakan salah satu bentuk layanan yang ada di SPBU. Saat ini pihaknya melakukan sosialisasi kepada para pemilik SPBU untuk meningkatkan layanan ke masyarakat. Tak hanya layanan Bahan Bakar Minyak (BBM), namun juga memastikan ketersediaan toilet secara gratis, serta memperhatikan kebersihan dan kenyamanannya.

“Kami berterima kasih atas masukan Pak Menteri dan bapak ibu semua termasuk masukan dari masyarakat untuk membuat Pertamina lebih baik,” kata dia.

Baca juga: Erick Thohir: Toilet SPBU Pertamina Harus Gratis


Berita Terkait

Berita Terkini

Terkait Rencana Reuni 212 di Manahan, Kodim 0735/Solo Back Up Polisi

Jajaran Kodim 0735/Solo memberikan dukungan penuh kepada Polresta Solo dalam menjaga kondusivitas wilayah mendekati Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Gandeng PMI Wonogiri, Desa Pule Gelar Latihan Sukarelawan Bencana

Pelatihan diikuti 20 sukarelawan Desa Pule dan tiga perwakilan PMI yang terdiri atas bagian kebencanaan, bantuan hidup dasar (BHD), dan water rescue  (penyelamatan di air).

Ada Makam Pinggir Jalan di Pajang Solo, Empunya Siapa?

Ada makam pinggir jalan di Pajang, Laweyan, Solo, Jawa Tengah, yang dulu ternyata sumur. Kira-kira siapa yang dikubur di makam tersebut?

Dedy dan Suwardi Jadi Kandidat Kuat Ketua Kwarcab Pramuka Sragen

Nama Dedy Endriyatno dan Suwardi mencuat sebagai kandidat kuat Ketua Kwarcab Pramuka Sragen.

Vaksin AstraZeneca Tidak Diminati Lansia Klaten

Lansia di Klaten lebih suka vaksin Sinovac daripada vaksin AstraZeneca.

Round Up: Misteri Lorong Rahasia Bawah Tanah di Laweyan Solo

Pada masa Kerajaan Pajang, lorong bawah tanah di Laweyan, Solo, itu diperkirakan menjadi jalur distribusi candu.

Unik, Buah Belimbing Milik Warga Wonogiri Ini Berwarna Merah

Buah belimbing berwarna merah itu dibagikan oleh akun Instagram @tani_ndezo pada Sabtu (27/11/2021).

Penting Banget, Percepatan Layanan Deteksi HIV pada Ibu Hamil

Penularan HIV bisa terjadi dari ibu ke anak selama masa kehamilan, persalinan, dan menyusui.

Paling Rentan, Ada 2 Pasien Tuberkulosis-HIV di Wonogiri

Pasien TB-HIV bisa ditangani di Perawatan Dukungan Pengobatan (PDP) melalui 13 puskesmas dan empat rumah sakit di Wonogiri.

UMK Naik Tipis, Ibu Buruh Pabrik di Solo Rela Nyambi Bersihkan Makam

Seorang ibu yang juga buruh pabrik di Solo harus memutar otak supaya penghasilan selama sebulan cukup untuk menutup kebutuhan sehari-hari, salah satunya rela membersihkan makan demi dapat penghasilan tambahan.

Belum Vaksinasi, Sejumlah ODHA di Wonogiri Tak Siap Ditanya Petugas

Sejumlah ODHA yang belum divaksinasi disebabkan belum siap menyampaikan riwayat penyakitnya kepada petugas.

Selamatkan Produksi Kakao, Indonesia Perlu Kemitraan & Industri Kreatif

Pola kemitraan dan penumbuhan industri kreatif olahan biji kakao berpotensi menyelamatkan produksi kakao Indonesia.

Kreatif! PKK Klaten Bikin Video untuk Kampanyekan Vaksin

Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Klaten membuat video kreatif untuk mengedukasi warga terkait pentingnya vaksin.

Seruduk Truk Tronton Parkir di Jalan Solo-Sragen, Bodi Truk Ini Ringsek

Sebuah truk ringsek setelah menyeruduk truk tronton boks yang parkir di jalan Solo-Sragen, tepatnya di depan Warung You Sri, Dukuh Nguwer RT 017, Desa Duyungan, Sidoharjo, Sragen.

Hari Ini Ada Pemeliharaan Jaringan, Listrik Boyolali Padam 3 Jam

Berikut ini jadwal pemadaman dan pemeliharaan listrik oleh PLN di Boyolali hari Kamis, 2 Desember 2021 yang berlangsung tiga jam.

Ada Pemeliharaan Jaringan, Listrik di Sragen Padam 3 Jam

Berikut ini jadwal pemadaman dan pemeliharaan listrik oleh PLN di Sragen hari Kamis, 2 Desember 2021 yang berlangsung tiga jam.