Tutup Iklan

Erick Thohir Ajak Pemuda Bangkitkan Ekonomi Lewat Muslim Leaderpreneur

BUMN berkomitmen membangun para leaderpreneur yang mau meningkatkan usaha (scale-up) melalui berbagai program konkret,

 Menteri BUMN Erick Thohir berbicara dalam acara Deklarasi Pemuda EMAS dan Launching LeaderPreneur di Masjid Istiqlal Jakarta, Kamis (28/10/2021). (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Menteri BUMN Erick Thohir berbicara dalam acara Deklarasi Pemuda EMAS dan Launching LeaderPreneur di Masjid Istiqlal Jakarta, Kamis (28/10/2021). (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA — Memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-93, Menteri BUMN yang juga Ketua Umum PP Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Erick Thohir mengajak generasi muda untuk membangkitkan ekonomi bangsa melalui program LeaderPreneur. Hal itu disampaikan Erick dalam acara Deklarasi Pemuda EMAS dan Launching LeaderPreneur di Masjid Istiqlal Jakarta, Kamis (28/10/2021).

Dalam kata sambutannya, Erick Thohir menyampaikan BUMN berkomitmen membangun para leaderpreneur yang mau meningkatkan usaha (scale-up) melalui berbagai program konkret, misalnya kemitraan Pertashop, Makmur, Kredit Usaha Rakyat, Mekaar, dan Pasar Digital UMKM.

“Selain itu, kami juga melakukan penguatan skema permodalan bagi pengusaha ultramikro yang mau memulai usaha (start-up) di antaranya melalui penguatan wakaf produktif. Instrumen wakaf dapat digerakkan untuk meningkatkan produktivitas umat dan menghasilkan surplus yang berkelanjutan,” ujar Erick melalui siaran pers.

Baca juga: Halal Hub di Rest Area Tol Jakarta-Padalarang Bisa Tampung 1.000 UMKM, Begini Harapan Erick Thohir

Dalam rilis tersebut dijabarkan, masjid bukan hanya sebagai sarana untuk beribadah ritual umat Islam saja, tetapi juga sebagai pusat peradaban Islam. Ketika Rasulullah SAW hijrah ke Madinah, yang pertama menjadi perhatian adalah pusat pembangunan peradaban umat Islam, yaitu masjid. Umat Islam di Indonesia saat ini perlu meneladani Rasulullah SAW dengan menjadikan masjid bukan hanya kegiatan ibadah namun disertai kegiatan sosial dan ekonomi.

Sejarah Indonesia menunjukkan para aktivis Islam adalah aset kepemimpinan nasional. Tantangan bangsa Indonesia saat ini adalah memperkuat kemandirian ekonomi, agar tidak tergantung kepada produk bangsa lain. Dengan demikian, kegiatan para aktivis Islam diharapkan bukan hanya menempa kepemimpinan sosial politik (leadership) juga harus menaruh perhatian pada penguatan kemampuan ekonomi (entrepreneur).

Pembibitan Wirausaha Muda

Berangkat dari cita-cita itu, diresmikanlah Muslim Leaderpeneur bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda pada Kamis ini di Masjid Istiqlal Jakarta. Muslim LeaderPreneur sendiri merupakan program pembibitan wirausaha muda dari kalangan aktivis organisasi Islam, remaja masjid dan pesantren. Program ini akan bergulir di 26 kota besar Indonesia selama setahun ke depan.

Baca juga: Pantau Stok Obat, Erick Thohir Layani Pembeli di Kimia Farma

Sementara itu, inisiator Pemuda EMAS (Ekonomi Masjid), Arief Rosyid Hasan, mengatakan secara sederhana, Pemuda EMAS itu yang bagian dari Muslim Leaderpreneur juga, karena Pemuda EMAS juga ikut pelatihan leaderpreneur.

“Kemudian menjadi pengusaha berbasis masjid, hingga ketika sudah menjadi pengusaha kemudian mewakafkan sebagian hartanya untuk kemakmuran umat. Dari hulu ke hilir, Pemuda EMAS sudah kita buat skemanya, inshaAllah,” tutur Arief.

Selain itu, Arief juga menambahkan, “Saat ini belum memungkinkan jika usaha teman-teman langsung difasilitasi, perlu ada pergeseran paradigma dahulu bahwa berjuang di dalam ekonomi masjid merupakan modal utama untuk perjuangan-perjuangan selanjutnya. Tidak cukup sekedar menjadi aktivis saja.”

Baca juga: Kunjungi Ibu-Ibu Nasabah Mekaar Jatim, Menteri BUMN: Bismillah, November Cicilan Turun!

Chairman Rabu Hijrah, Phirman Rezha, menyampaikan rasa syukur atas lahirnya sebuah gerakan Muslim Leaderpreneur yang memang bagian dari perjalanan panjang yang digagas kalangan muda.

“Sebelumnya, kami sudah keliling ke 99 kabupaten/kota di Indonesia dalam rangka mendorong dan kuatkan ekonomi syariah bersama para kepala daerah, pengusaha muda, aktivis, komunitas dan perbankan syariah. Perjalanan ini akan dilanjutkan untuk program Muslim Leaderpreneur yang lebih konkrit terkait inkubasi wirausaha milenial Muslim,” tukas Phirman.

Peringatan Sumpah Pemuda ini diharapkan menjadi momentum lahirnya wirausaha milenial Muslim yang kompetitif dan terus berkembang dari waktu ke waktu untuk pemberdayaan ekonomi umat.


Berita Terkait

Berita Terkini

Perbankan dan Pengusaha Optimis Perekonomian Lekas Pulih

Perbankan dan pengusaha sama-sama optimis pemulihan ekonomi akan berjalan baik hingga akhir 2021.

PHK Massal via Zoom, CEO di Amerika Serikat Ini Tuai Kecaman Netizen

Seorang CEO di Amerika Serikat menuai kritikan di media sosial akibat melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) melalui Zoom.

+ PLUS NU Siapkan Jalan Fikih Pemenuhan Hak Asasi Manusia ODGJ

Pembahasan ini sebagai bentuk tanggung jawab Nahdlatul Ulama (NU) memberikan advokasi teologis terhadap orang-orang yang mengalami gangguan kejiwaan.

Dosen Tanya Ukuran Bra, Begini Respons Mahasiswi Universitas Sriwijaya

Korban dugaan pelecehan seksual yang dilakukan salah satu dosennya menceritakan isi pesan pelaku mengarah ke hal yang membuatnya risi, yakni bertanya ukuran bra.

Rekomendasi Jurusan Soshum dengan Prospek Kerja yang Bagus

Berikut ini terdapat rekomendasi juruan Soshum yang memiliki prospek pekerjaan bagus. Kira-kira apa saja?

Waspada Erupsi Gunung Semeru, Ini Peringatan dari PVMBG

PVMBG melaporkan bahwa erupsi kembali terjadi di Gunung Semeru pada Senin (6/12/2021) pagi.

+ PLUS Data Jadi Urat Nadi Ekonomi Digital, Kepercayaan adalah Jantungnya

Bagi perusahaan siber, privasi, keberlanjutan, perlindungan hukum, dan keamanan fisik berjalan beriringan dengan kepercayaan karena semuanya saling berhubungan.

Ini Pengakuan Siskaeee Pernah Ditawari Main Film Hot dan Open BO

Siskaeee mengaku memiliki banyak fans lelaki, kerap membagikan video seksi, dan pernah mendapat tawaran main film panas, tetapi dia menolak tawaran kencan maupun booking online (BO).

Dulu Evakuasi Mbah Maridjan, Kendaraan Ini Kini Diterjunkan ke Semeru

Sebanyak 2 unit Hagglund PMI dibantu personel Grup 2 Kopassus Kandang Menjangan menembus permukiman Mbah Marijan di Dusun Kinahrejo, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman, DIY saat erupsi Merapi tahun 2010.

Resmi, Dirut PT Hutama Karya Kembali Terpilih sebagai Ketum IKA UNS

Direktur Utama (Dirut) PT. Hutama Karya Ir. Budi Harto, M.M. (kiri) kembali terpilih sebagai Ketum Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UNS Solo.

PMI Kerahkan 2 Unit Hagglund ke Lokasi Erupsi Semeru, Ini Kekuatannnya

Palang Merah Indonesia (PMI) menerjunkan 2 unit mobil Hagglund ke lokasi erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur.

+ PLUS Ketika Gunung Berapi Meletus Peluang Terbaik adalah Mengurangi Risiko

Yang perlu diingat adalah manusia tidak bisa mencegah letusan gunung berapi, yang bisa dilakukan manusia hanyalah mengurangi risiko (risk reduction) akibat bencana letusan gunung berapi.

10 Berita Terpopuler: 20 Ramalan Jayabaya hingga Kisah Novia Widyasari

Ulasan tentang misteri ramalan Jayabaya yang dikatakan akan terjadi pada tahun 2022 menjadi berita terpopuler di Solopos.com, Senin (6/12/2021).

Solopos Hari Ini: Pekerjaan Besar Mitigasi Erupsi

Letusan besar Gunung Semeru telah menyebabkan 14 orang meninggal dunia dan ribuan orang terdampak. Mitigasi letusan gunung api-yang aktivitasnya selalu terpantau sejak awal-menjadi sorotan.

Sejarah Hari Ini : 6 Desember 1992, Penghancuran Masjid Babri India

Insiden penghancuran Masjid Babri di India merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah yang terjadi pada 6 Desember seperti terangkum dalam Sejarah Hari Ini.