SOLOPOS.COM - Eric Clapton/PhillyBurbs

Eric Clapton/PhillyBurbs

LONDON – Eric Clapton penyanyi asal Inggris menjual lukisan abstrak karya seniman Jerman Gerhard Richter yang diharapkan akan mencapai $14 juta-Rp 19 juta dolar atau sekitar Rp134 miliar-Rp181 miliar.

Promosi Semarang (Kaline) Banjir, Saat Alam Mulai Bosan Bersahabat

Harga itu cukup mengherankan bagi rumah lelang karena Richter merupakan salah satu pelukis hidup paling dicari. Karyanya pernah mencapai US$21,8 juta di New York pada bulan Mei, seperti yang ditulis Reuters.

Karya berukuran lebih dari dua meter persegi itu berjudul Abstraktes Bild (809-4). “Merupakan jajaran tertinggi lukisan asbtrak karya Richter,” kata rumah lelang Sotheby’s, yang menjualnya.

Clapton tidak asing lagi dengan pelelangan. Tahun lalu, ia menjual lebih dari 70 koleksi gitarnya di lelang amal di New York. Ia meraih US$2,15 juta untuk Crossroads Centre, rehabilitasi obat-obatan dan alkohol yang didirikan Clapton di Antigua.

Karya Richter ini akan berada di antara lelang karya seni kontemporer di London pada 12 Oktober. Lelang ini bertepatan dengan Frieze Art Fair, pameran seni kontemporer yang menjadi agenda penting bagi pasar seni global.

Abstrakt Bilds merupakan salah satu dari empat seri yang dibuat Richter di pertengahan 90an. Tiga lainnya dibeli Clapton 11 tahun yang lalu. Ia membeli ketiga karya itu tahun 2011 dari Sotheby’s dengan harga total $3,4 juta dolar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya