SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

BANTUL-Kampanye pemilihan kepala desa (Pilkades) biasanya digelar tradisional dengan mengundang warga di sebuah forum di Balaidesa.

Cara itu kini bukan satu-satunya. Anak-anak muda di Desa Timbulharjo, Sewon Bantul kini mengembangkan ide kreatif melalui internet.

Promosi Ayo Mudik, Saatnya Uang Mengalir sampai Jauh

Ide kreatif itu digawangi para pegiat Komunitas Media Angkringan Desa Timbulharjo, Sewon, Bantul.

Mereka membuat video tujuh calon peserta pilkades yang memuat pemikiran serta visi misi masing-masing calon, lalu mengunggahnya ke situs YouTube.

Tujuannya tak lain, agar semakin banyak masyarakat tahu bagaimana visi misi dan pemikiran calon kepala desa yang kelak bakal memimpin Desa Timbulharjo.

Pegiat Komunitas Media Angkringan Ahmad Nasir mengatakan, selama ini kampanye di forum balai desa hanya diramaikan para pendukung calon kepala desa.

Sementara mereka yang netral biasanya malas untuk hadir. “Kalau lewat video mereka bisa lihat tanpa harus ikut hadir,” katanya ditemui Rabu (10/4).

Apalagi kini, mayoritas warga telah terbiasa menggunakan internet terutama anak-anak muda. Mengunduh video di internet bukan perkara sulit.

Agar efektif, video juga diunggah ke Facebook yang dikelola komunitas. Facebook dengan nama akun Forum Komunikasi Warga Timbulharjo itu kini memiliki anggota hingga 1.400-an orang.

Ide tak berhenti di situ saja. Komunitas yang anggotanya berlatar belakang mahasiswa, guru, swasta, tukang batu, tukang kayu hingga tukang becak itu lanjut Ahmad Nasir juga bakal menyebarkan video kampanye tujuh calon peserta Pilkades lewat teknologi 3G antar ponsel.

Ketua Panitia Pilkades 2013 Desa Timbulharjo, Sudarman mengakui kehadiran media komunitas yang digagas para anak-anak muda itu sungguh luar biasa membantu masyarakat memperoleh informasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya