SOLOPOS.COM - Ilustrasi (canstockphoto.com)

Ilustrasi (canstockphoto.com)

SOLO–Pernah melihat orang tiba-tiba tertawa sendiri atau menangis sendiri? Atau pernahkan Anda menyaksikan seseorang yang tiba-tiba bengong?

Promosi Pelaku Usaha Wanita Ini Akui Manfaat Nyata Pinjaman Ultra Mikro BRI Group

Menurut konsultan di bidang epilepsi, dr Diah Kurnia Mirawati SpS(K) adanya kejadian orang tiba-tiba tertawa sendiri, menangis sendiri dan bengong sebentar bisa menjadi tanda-tanda epilepsi.

Menurut Diah, epilepsi adalah suatu kondisi yang diakibatkan adanya bangkitan epilepsi. Bangkitan epilepsi (epileptic seizure) adalah suatu kondisi yang diakibatkan lepasnya muatan listrik yang berlebihan dari sel-sel otak (neuron).

“Misalnya, seharusnya listrik yang dikeluarkan oleh neuron 10 volt. Pada epilepsi bisa 50 volt sampai 100 volt. Pusat listrik itu menjalar ke sekitar dan memerintahkan suatu gerakan,” ucap Diah saat ditemui Solopos.com di RS Dr Moewardi, Senin (24/12/2012).

Pernyataan senada juga disampaikan dokter spesialis saraf di Rumah Sakit Islam Surakarta (RS Yarsis), Prof Dr dr H Rusdi Lamsudin MMed Sc SpS (K). Rusdi mengatakan epilepsi adalah suatu keadaan yang ditandai oleh bangkitan epilepsi berulang berselang lebih dari 24 jam yang timbul tanpa provokasi.

Bangkitan epilepsi adalah manifestasi klinik yang disebabkan oleh aktivitas listrik otak yang abnormal dan berlebihan dari sekelompok sel saraf (neuron).

“Manifestasi klinik ini terjadi secara tiba-tiba dan sementara berupa perubahan perilaku yang stereotipe, dapat menimbulkan gangguan kesadaran, gangguan motorik [kejang], sensorik, otonom ataupun psikis,” jelas Rusdi.

Diah menambahkan selama ini banyak orang menganggap yang termasuk epilepsi hanya kejadian seperti ayan dan kejang. Padahal, bentuk bangkitan epilepsi bisa bermacam-macam tergantung bagian otak mana yang mengalami muatan lepas berlebihan.

“Epilepsi itu bukan penyakit menular dan bukan penyakit kutukan,” tegas Sekretaris Program Studi Dokter Spesialis Saraf Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya