SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

(musicjuzz)

[SPFM], Enrique Miguel Iglesias Preysler atau Enrique Iglesias lahir di Madrid, Spanyol, 8 Mei 1975 .  Penyanyi yang kini berdomisili di Miami ini menerima Grammy Award tahun 1997 and Latin Grammy Award tahun 2003. Ayahnya adalah penyanyi Spanyol terkenal, Julio Iglesias, sedangkan ibunya keturunan Mestiso dari Filipina bernama Isabel Preysler. Dunia showbiz kali pertama dimasuki Enrique sewaktu masih SMA. Saat itu, ia turut serta dalam musikal Hello, Dolly! Sewaktu kuliah di Universitas Miami, calon manajer yang mengundangnya untuk audisi begitu terkesan dengan bakat Enrique .  Dengan menggunakan nama samaran Carra Martínez, pita demo yang direkamnya ditawar-tawarkan Enrique bersama manajernya ke berbagai perusahaan rekaman.  Beberapa bulan kemudian, perusahaan Fonovisa sudah mengontraknya untuk rekaman. Album pertamanya direkam di Toronto, Kanada, tanpa orang lain tahu siapa dirinya yang sebenarnya .

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pemusik Spanyol paling laris

Penjualan album Iglesias saat ini sudah melebihi 40 juta keping, sekaligus menjadikannya salah satu pemusik Spanyol paling laku di dunia. Iglesias memang masih harus memecahkan rekor penjualan yang dibuat ayahnya, Julio Iglesias. Hingga saat ini baru angka penjualan singelnya yang melebihi angka penjualan yang dicatat ayahnya. Perusahaan rekaman tempatnya bernaung menyebut Enrique Iglesias ‘artis Spanyol paling laku di dunia’.

Enrique bekerja sama dengan penulis lagu Guy Chambers sewaktu menulis ‘Un Nuovo Giorno’, singel andalan dari album pop pertama Andrea Bocelli. Lagu tersebut diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dengan judul ‘First Day Of My Life’, dan dinyanyikan mantan Spice Girl, Melanie Chisholm. Lagu ‘First Day Of My Life’ berhasil menjadi lagu hit di daratan Eropa, dan menduduki puncak tangga lagu di sejumlah negara. Album grup musik Inggris, The Hollies juga berisi lagu yang ditulis bersama Iglesias.

Dari co-produser ke akting

Tahun 2000, Iglesias bertindak sebagai co-produser musikal Off-Broadway berjudul Four Guys Named Jose and Una Mujer Named Maria. Musikal tersebut menceritakan empat orang Amerika keturunan Latin yang memiliki minat bersama dalam musik dan bekerja sama membuat sebuah pertunjukan. Musik diambil dari lagu-lagu pop karya pemusik Latin seperti Carmen Miranda, Selena, Richie Valens, Santana, Ricky Martin, dan Iglesias sendiri. Iglesias juga tertarik dengan seni akting, bersama Antonio Banderas, Salma Hayek, dan Johnny Depp, ia pernah membintangi film Once Upon a Time in Mexico di bawah arahan sutradara Robert Rodriguez. Dalam komedi televisi ‘Two and a Half Men’ yang dibintangi Charlie Sheen, Iglesias tampil sebagai figuran.  Dalam iklan televisi untuk Pepsi yang menjadi sponsor konser keliling dunianya. [berbagai sumber/ary]

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya