Enggak Bisa Minum Susu Sapi? 4 Jenis Susu Bubuk Ini Bisa Jadi Pengganti
Ilustrasi susu (Freepik)

Solopos.com, SOLO–-Susu merupakan salah satu jenis minuman yang disukai banyak orang karena rasanya enak dan lezat. Minuman ini juga kaya akan kalsium dan beberapa vitamin yang menyehatkan bagi tubuh. Tak hanya itu, susu juga bermanfaat untuk kesehatan tulang, gigi, mencegah diabetes, mengendalikan tekanan darah, menjaga berat badan, dan anti kanker.

Di pasaran, banyak jenis susu muali dari bubuk hingga cair dan rata-rata adalah susu sapi. Meskipun, banyak juga yang alergi terhadap susu sapi. Tapi tak usah khawatir, sebenarnya susu tidak hanya berasal yang hewan namun juga tumbuhan.

Bahkan, jika kalian tidak menyukai susu cair, susu bisa dinikmati dalam versi bubuk. Seperti yang dilansir dari berbagai sumber, berikut empat jenis susu bubuk yang sehat dan bisa dinikmati sebagai pengganti susu sapi.

2 Pejabat Meninggal Positif Covid-19, LPPM UNS Solo Lockdown 10 Hari

1. Susu almond

Bubuk susu almond dibuat dengan cara merendam almond dalam air, mengupas kulitnya lalu dipanggang dan digiling hingga menjadi bubuk halus. Almond juga rendah lemak dan mengandung sejumlah protein, serat, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, seng, vitamin C, vitamin B6, vitamin E, folat, riboflavin, niasin dan tiamin.

Para peneliti menyebut bahwa mendapatkan lemak sehat dari susu almond mungkin bermanfaat bagi penurunan berat badan dan manajemen berat badan. Sehingga, susu sini juga cocok digunakan dalam program diet.

2. Susu oat

Susu bubuk oat terbuat dariu susu bubuk nabati yang diperoleh dari gandum utuh. Oat kaya akan protein, serat, kalsium, zat besi, riboflavin, niasin, tiamin, dan fitokimia. Susu bubuk oat memiliki rasa yang ringan, sedikit manis dan dapat digunakan sebagai alternatif pengganti susu bubuk.

Beberapa studi juga menunjukan bahwa susu oat juga bebas laktosa, menurunkan kadar kolestrol dan membantu menjaga kesehatan tulang dan otot. Bagi vegan, ini tentu lebih aman dan bisa menjadi pilihan, selain susu kedelai atau susu almond.

3. Susu kedelai

Susu bubuk kedelai adalah pengganti terbaik lainnya untuk susu bubuk. Itu dibuat dengan merendam kedelai semalaman, dijemur dan kemudian dipanggang dan digiling menjadi bubuk halus halus. Kedelai merupakan sumber protein, serat, lemak, karbohidrat, zat besi dan kalsium yang baik.

Susu kedelai adalah salah satu susu nabati yang memiliki banyak nutrisi. Bahkan, di antara kandungan nutrisi susu kedelai, ada fitonutrien yang dikenal sebagai isoflavon yang mencegah kanker dan ternyata mengandung lebih sedikit kalori dibanding susu sapi.

Hari Osteoporosis Sedunia, Ini 6 Cara Hindari Tulang Keropos

4. Susu rami

Susu bubuk rami diperoleh dari biji rami mentah. Ini adalah pengganti yang sempurna untuk susu bubuk dan menjadi tambahan yang bagus untuk smoothie, puding, dan makanan yang dipanggang. Biji rami adalah sumber protein, lemak, serat, karbohidrat, zat besi dan kalium yang baik.

Susu rami tidak mengandung gula dan kolesterol dan juga bebas gluten. Ini memiliki asam lemak, vitamin, dan nutrisi yang membantu dalam perawatan kulit dan meningkatkan kognisi.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom