SOLOPOS.COM - Ilustrasi pilkades (Dok/JIBI)

SUKOHARJO–Enam desa di Kecamatan Kartasura akan memeriahkan pesta demokrasi berupa Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) pada 3 Desember 2012 mendatang. Mereka adalah Desa Pucangan, Gonilan, Singopuran, Wirogunan, Ngabeyan dan Pabelan. Berbagai persiapan dilakukan panitia untuk menyambut momen akbar yang digelar enam tahun sekali tersebut.

Kepala Desa (Kades) Pabelan, Margono Hadi, 51, ketika ditemui Solopos.com di kantornya, Selasa (6/11/2012), mengatakan dirinya berencana maju dalam Pilkades 2012 ini. Meski begitu, ia menyatakan tidak mebentuk tim sukses untuk memenangkan dirinya. Ia juga mengatakan belum menyiapkan semua persyaratan pendaftaran bakal calon (balon) kades.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Baru hari ini surat dari Kecamatan Kartasura yang menyatakan pelayanan surat keterangan sehat bagi calon kades akan dilayani oleh Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sukoharjo Selasa (13/11) mendatang. Jadi ya saya mengurus yang lain dulu seperti Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK),” papar Margono.

Saat disinggung lawan-lawan politik yang mungkin akan menghadang dirinya pada Pilkades 2012 ini, secara diplomatis dia mengatakan baru akan mengetahui setelah pendaftaran balon kades dibuka secara resmi oleh panitia Pilkades Pabelan. Ia hanya bercerita, enam tahun lalu, dirinya mengalahkan dua rival dalam Pilkades. Saat itu, kata dia, dirinya juga tidak membentuk tim sukses untuk memperlancar jalannya menjadi orang nomor satu di Pabelan.

“Semua yang mendukung saya, saya anggap sebagai tim sukses. Mereka tidak mendapat imbalan apa-apa dari saya. Yang saya siapkan adalah mental kalah. Kalau mental menang, semua orang juga bisa. Saya bersiap untuk menerima kenyataan apa adanya. Tak perlu ada kampanye hitam. Mari bersaing secara ksatria. Biar masyarakat yang menilai para kandidat kades dan biarkan mereka memilih sesuai hati nurani mereka sendiri,” ujar lelaki yang tinggal di RT 002/ RW 001, Dukuh Banaran, Desa Pabelan itu.

Sementara itu, Kades Makamhaji, HM Zaenuri, 65, kepada Espos, di kantornya, Selasa siang, mengatakan desanya termasuk dari sedikit desa yang tidak ikut agenda akbar Pilkades 2012. Ia menjelaskan, Makamhaji telah melaksanakan Pilkades 8 Mei 2011 lalu. Ia sebagai pemenang Pilkades dilantik pada 9 Juni 2011.

“Usia saya sudah 65 tahun. Setelah selesai masa jabatan ini, kiranya cukup bagi saya untuk mengabdi kepada masyarakat Makamhaji. Saat ini kondisi di sini ya santai-santai saja. Kami melanjutkan program yang telah kami buat,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya