SOLOPOS.COM - Seorang warga sedang membaca buku di kawasan Pasar Legi Sambirejo, Kecamatan Jiwan, Kabupaten Madiun, Kamis (28/1/2021). (Istimewa)

Solopos.com, MADIUN -- Pemerintah Desa Sambirejo bersama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Madiun menyediakan perpustakaan keliling di Pasar Legi Sambirejo, Kecamatan Jiwan. Pedagang dan pembeli di Pasar Jiwa bisa membaca seratusan buku yang disediakan perpustakaan keliling ini. Asyik ya!

Ini merupakan salah satu cara pemerintah desa setempat untuk mengampanyekan budaya membaca di kalangan masyarakat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Perangkat Desa Sambirejo, Ajar Putra Dewantoro, mengatakan program Perpustakaan Terapan untuk Kesejahteraan ini disediakan bagi pengunjung pasar. Selain itu, para pedagang yang berjualan di pasar tradisional tersebut juga diminta untuk ikut terlibat aktif dalam meramaikan perpustakaan ini. Sehingga nantinya jumlah pengunjung pasar juga bisa bertambah.

Baca Juga: Jempol! Masyarakat Madiun Kirim 5 Ton Bantuan ke Korban Bencana Kalsel

Ajar menuturkan ada lebih dari seratus buku dengan tema-tema terapan di bidang pertanian, kerajinan, peternakan, dan lainnya yang disediakan di perpustakaan ini. Melalui buku terapan ini, masyarakat bisa mendapatkan ide bisnis maupun menambah wawasan terkait pengembangan teknis di bidang pertanian, kerajinan, maupun peternakan.

"Program rolling buku ini sebenarnya merupakan program dari Dinas Perpustakaan Kabupaten Madiun. Buku bacaan terapan ini sangat diperlukan sebagai pembuka wacana warga untuk berkreasi dalam bertahan di masa pandemi," kata dia yang dihubungi Madiunpos.com, Jumat (29/1/2021).

Baca Juga: Didenda Rp50.000 karena Tak Pakai Masker, Pria Madiun Geram dan Sebut Itu Pungli

Ajar menuturkan perpustakaan ini buka di kawasan Pasar Legi setiap hari, kecuali Jumat. Warga yang membaca buku bisa sambil menikmati jajanan tradisional yang dijual di pasar.

Pustakawan Dinas Perpusataan dan Kearsipan Kabupaten Madiun, Habib Abidulloh, berharap buku-buku yang disediakan di perpusatakaan ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat secara optimal. Masyarakat bisa mendapatkan buku-buku referensi untuk kegiatan usaha di perpustakaan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya