SOLOPOS.COM - Ilustrasi pantai. (Reuters)

Solopos.com, JAKARTA -- Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) bakal menerapkan Pegawai Negeri Sipil (PNS) bisa bekerja di luar kantor atau bisa bekerja di rumah.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa bakal menguji coba 1.000 PNS yang bakal bekerja bisa di rumah atau di mana pun. Bahkan mereka bisa tetap bekerja meski sambil berlibur di Bali atau Raja Ampat sekalipun.

Promosi Hari Ini Jadi Cum Date Dividen Saham BBRI, Jangan Ketinggalan THR dari BRI

"Mudah-mudahan 1 Januari bisa kita lakukan. Itu di Bappenas, Bappenas ingin menjadi contoh dulu," kata Suharso di Kompleks Parlemen DPR, Jakarta, Rabu (20/11/2019).

Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini menuturkan PNS sangat memungkin untuk dapat bekerja di rumah atau di manapun. Uji Coba ini, juga berkaitan dengan pemindahan ibu kota. Dengan begitu, para PNS tetap bisa bekerja di manapun, meski pemerintahan Ibu Kota berpindah ke Kalimantan Timur.

Daftar UMK 2020 Se-Jateng: Semarang Tertinggi, Soloraya di Bawah Rp2 Juta

"Memungkinkan, kerja dari luar kota juga bisa ke depan. Dan kita juga melihat direktorat direktorat tertentu yang mungkin tidak harus ada di ibu kota. Kementerian mungkin semua harus ada di ibu kota, tetapi ditjen tertentu ada beberapa, 30-an bisa kita letakkan di luar ibu kota," tuturnya.

Suharso menambahkan, nantinya akan ada sistem baru seperti smart office sebagai wadah untuk para PNS bisa bekerja. Karena itu, meskipun PNS tersebut sedang liburan, mereka tetap bisa bekerja dengan smart office.

"Orang bilang work vacation, 3 bulan di Raja Ampat, 3 bulan di Bali, 3 bulan di Tana Toraja, sepanjang mereka bisa deliver [mengirim hasil kerja]. Jadi ke depan bentuknya smart office, tidak hanya dengan cara-cara yang sekarang," pungkasnya.

Dipecat dan Dipenalti Rp7 Miliar, Kopilot Wings Air Bunuh Diri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya