Tutup Iklan

Empat Persimpangan Jalan di Sragen Bakal Dilengkapi CCTV

Empat persimpangan jalan yang ada di Kota Sragen bakal dilengkapi perangkat closed circuit television (CCTV). Selain berfungsi sebagai area traffic control system (ATCS) atau sistem kendali lalu lintas, perangkat CCTV tersebut juga mendukung program smart city.

Empat Persimpangan Jalan di Sragen Bakal Dilengkapi CCTV

SOLOPOS.COM - Tim Dishub dan Satlantas Polres Sragen memasang dua RPPJ di simpang tiga Pungkruk, Sragen, untuk mengantisipasi kemacetan saat arus mudik, Kamis (7/6/2018). (Solopos-Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN — Empat persimpangan jalan yang ada di Kota Sragen bakal dilengkapi perangkat closed circuit television (CCTV). Selain berfungsi sebagai area traffic control system (ATCS) atau sistem kendali lalu lintas, perangkat CCTV tersebut juga mendukung program smart city yang digulirkan Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati.

Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Sragen, David Hendrato, mengatakan saat ini hampir semua persimpangan di Jl. Raya Sukowati dari kawasan Pungkruk hingga Pilangsari sudah dipasangi perangkat CCTV. Hanya simpang empat Permakaman Serikat Islam (SI) yang sampai saat ini belum dipasangi CCTV. Selain simpang empat Permakaman SI, simpang empat Stadion Taruna yang menjadi titik temu Jl. Veteran dan Jl. RA Kartini juga belum dipasangi CCTV.

“Karena kedua persimpangan itu berada di jalan provinsi, maka kami mengusulkan perangkat ATCS itu kepada Pemerintah Provinsi Jateng. Mudah-mudahan pada tahun ini bisa direalisasikan,” jelas Hendrato kepada Solopos.com, Jumat (25/1/2019).

Masih ada dua persimpangan lain yang mendesak dipasangi perangkat CCTV. Keduanya adalah simpang empat Batuar serta persimpangan Jl. Ahmad Yani dan Slamet Riyadi tepatnya di kawasan Radio Umum. Pengadaan perangkat CCTV di dua persimpangan itu akan diusulkan Dishub Sragen melalui APBD Perubahan 2019.

“Sekarang empat persimpangan itu masih menggunakan sistem otonom yang hanya mengandalkan nyala lampu lalu lintas. Jika sudah dipasangi CCTV, kepadatan lalu lintas bisa dipantau dari layar TV. Kalau terlalu padat bisa disiasati dengan mengubah durasi timer atau rekayasa lalu lintas lainnya,” terang Hendrato.

Pengadaan CCTV untuk empat persimpangan jalan tersebut juga mendukung pemberlakuan tilang elektronik (e-tilang) yang menjadi program Polres Sragen. Polres Sragen sudah menjalin kerja sama dengan Dishub Sragen terkait rencana pemberlakukan e-tilang dalam waktu dekat.

“Sudah ada pembincaraan dengan Dishub Sragen. Kami sedang mempersiapkan pirantinya dulu sebelum e-tilang diberlakukan,” papar Kapolres Sragen, AKBP Yimmy Kurniawan, saat ditemui di lain kesempatan. 

Berita Terkait

Berita Terkini

Soal Perusakan Makam Di Mojo Pasar Kliwon, Ini Kata Kapolresta Solo

Kapolresta Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak menjelaskan tentang langkah polisi dalam penanganan kasus perusakan makam di Kelurahan Mojo.

Indosat Ooredoo Luncurkan Layanan 5G Pertama di Solo, Ini Keunggulannya

PT Indosat Tbk (Indosat Ooredoo) meluncurkan layanan 5G komersial pertama di Solo pada Selasa (22/6/2021).

Tambah Lagi, Total 107 Karyawan Pabrik Sepatu di Jaten Terpapar Covid-19

Karyawan pabrik sepatu di Kecamatan Jaten yang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 bertambah menjadi 107 orang.

Lengkapi Barang Bukti, Polisi Sragen Ubek-Ubek Jamban Cari Celana Dalam Bocah Korban Pencabulan Sukodono

Polisi Sragen mengubek-ubek jamban untuk mencari celana dalam milik bocah korban pencabulan di Sukodono sebagai barang bukti,

Daihatsu Luncurkan Rocky 1.2L Terbaru di Indonesia

Daihatsu Rocky 1.2L merupakan hasil pengembangan putra-putri Indonesia melalui tim R&D PT.Astra Daihatsu Motor (ADM).

Waspada! 35 Persen Pasien Covid-19 Meninggal Dunia Di Klaten Tak Punya Komorbid

Sebanyak 35% dari total jumlah pasien positif Covid-19 Kabupaten Klaten yang meninggal diketahui tidak memiliki komorbid.

Heboh Ivermectin untuk Pengobatan Covid-19, Bagaimana Faktanya?

Menanggapi kabar itu, Badan POM menjelaskan penggunaan Ivermectin untuk pengobatan Covid-19.

Perusakan Makam di Solo Dilakukan Anak-Anak, Pemerhati Anak: Ini Tanggung Jawab Bersama!

Pemerhati Anak, Ketua Sahabat Kapas, Dian Sasmita, menanggapi perusakan makam yang dilakukan oleh sepuluh anak-anak di Mojo, Pasar Kliwon, Solo.

BPCB Jateng Tutup Candi Ceto dan Sukuh Karanganyar, Ada Apa Ya?

BPCB Jateng menutup objek wisata Candi Sukuh, Candi Ceto, dan Museum Sangiran Klaster Dayu, Karanganyar, mulai 22 Juni hingga 2 Juli.

Habis Kunker, Puluhan Anggota DPRD Bantul Jalani Swab PCR

Anggota Dewan menjalani swab PCR karena Ketua DPRD Bantul dan salah satu anggota Komisi B dinyatakan positif Covid-19 seusai kunker.

Mangkrak 1 Tahun, Begini Kondisi SDN 2 Kragilan Sragen yang Disiapkan untuk Isolasi Pasien Covid-19

Bangunan SDN 2 Kragilan, Kecamatan Gemolong, Sragen, sudah tidak terpakai sejak setahun terakhir akan digunakan untuk tempat isolasi.

Terlambat Naik, Penjala Ikan di Banjarnegara Ini Terjebak di Tengah Sungai

Seorang penjala ikan di sungai serayu, Desa Bandingan, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara yang terjebak di tengah arus aliran deras sungai.