Empat Persimpangan Jalan di Sragen Bakal Dilengkapi CCTV
Tim Dishub dan Satlantas Polres Sragen memasang dua RPPJ di simpang tiga Pungkruk, Sragen, untuk mengantisipasi kemacetan saat arus mudik, Kamis (7/6/2018). (Solopos-Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN — Empat persimpangan jalan yang ada di Kota Sragen bakal dilengkapi perangkat closed circuit television (CCTV). Selain berfungsi sebagai area traffic control system (ATCS) atau sistem kendali lalu lintas, perangkat CCTV tersebut juga mendukung program smart city yang digulirkan Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati.

Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Sragen, David Hendrato, mengatakan saat ini hampir semua persimpangan di Jl. Raya Sukowati dari kawasan Pungkruk hingga Pilangsari sudah dipasangi perangkat CCTV. Hanya simpang empat Permakaman Serikat Islam (SI) yang sampai saat ini belum dipasangi CCTV. Selain simpang empat Permakaman SI, simpang empat Stadion Taruna yang menjadi titik temu Jl. Veteran dan Jl. RA Kartini juga belum dipasangi CCTV.

“Karena kedua persimpangan itu berada di jalan provinsi, maka kami mengusulkan perangkat ATCS itu kepada Pemerintah Provinsi Jateng. Mudah-mudahan pada tahun ini bisa direalisasikan,” jelas Hendrato kepada Solopos.com, Jumat (25/1/2019).

Masih ada dua persimpangan lain yang mendesak dipasangi perangkat CCTV. Keduanya adalah simpang empat Batuar serta persimpangan Jl. Ahmad Yani dan Slamet Riyadi tepatnya di kawasan Radio Umum. Pengadaan perangkat CCTV di dua persimpangan itu akan diusulkan Dishub Sragen melalui APBD Perubahan 2019.

“Sekarang empat persimpangan itu masih menggunakan sistem otonom yang hanya mengandalkan nyala lampu lalu lintas. Jika sudah dipasangi CCTV, kepadatan lalu lintas bisa dipantau dari layar TV. Kalau terlalu padat bisa disiasati dengan mengubah durasi timer atau rekayasa lalu lintas lainnya,” terang Hendrato.

Pengadaan CCTV untuk empat persimpangan jalan tersebut juga mendukung pemberlakuan tilang elektronik (e-tilang) yang menjadi program Polres Sragen. Polres Sragen sudah menjalin kerja sama dengan Dishub Sragen terkait rencana pemberlakukan e-tilang dalam waktu dekat.

“Sudah ada pembincaraan dengan Dishub Sragen. Kami sedang mempersiapkan pirantinya dulu sebelum e-tilang diberlakukan,” papar Kapolres Sragen, AKBP Yimmy Kurniawan, saat ditemui di lain kesempatan. 


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho