SOLOPOS.COM - Sugiyanto. (dok Solopos)

Boyolali (Solopos.com)–Pemkab Boyolali berencana merevitalisasi empat tempat wisata yang tersebar di beberapa daerah. Revitalisasi tersebut ditargetkan terlaksana pada 2012.

Sugiyanto. (dok Solopos)

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Empat tempat yang jadi sasaran revitalisasi adalah Makam Handayaningrat di Banyudono, Umbul Tirtomoyo di Kemasan, Sawit, Gemuling di Banyudono dan Umbul Siraman di Catur, Sambi. Seluruh tempat wisata tersebut memiliki tipe yang sejenis, yaitu wisata religi.

Pembahasan rencana revitalisasi ini melibatkan beberapa pihak, yaitu bupati Boyolali, Seno Samodro, perwakilan deari Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud), Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Dinas Pekerjaan Umum Pertambangan, Perhubungan dan Kebersihan (DPU PPK), serta konsultan dari Universitas Sebelas Maret.“Berdasarkan pembicaraan tadi, kami fokus akan merevitalisasi empat tempat wisata tersebut. Keeempat tempat tersebut akan direvitalisasi dan diutamakan untuk menonjolkan fungsinya ke wisata religi. Bangunannya akan diperbaiki, namun tetap mempertahankan nilai-nikai ritualnya, karena memang itu yang menarik dari tempat wisata itu,” kata Kepala Disparbud Boyolali, Sugiyanto ketika ditemui Espos seusai rapat koordinasi di ruang kerja bupati, Kamis (17/11).

Tentang dana yang dibutuhkan masih dalam proses penghitungan. “Belum tahu, karena harus dihitung terlebih dahulu. Saya belum bisa mengatakan nominalnya. Nanti dananya berasal dari pusat,” pungkas Sugiyanto.

(yms)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya