SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA–Badan Nasional Penanggulangan Bencana mengajak seluruh komponen masyarakat untuk mewujudkan masyarakat yang tangguh dalam menghadapi bencana.
Syamsul Maarif, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), saat menghadiri acara refleksi 6 tahun gempa bumi Yogyakarta, mengatakan ada empat hal yang harus ditingkatkan kemampuannya untuk mencapai masyarakat tangguh dalam menghadapi bencana.
Pertama, kemampuan mengantisipasi setiap bahaya. Kedua, kemampuan untuk melawan atau menghindari.

Ketiga, beradaptasi dengan risiko bencana, dan terakhir kemampuan melenting balik atau pulih kembali dengan cepat,” ujarnya dalam keterangan yang diterima Bisnis, Sabtu 26 Mei 2012.
Dia menambahkah gempa bumi 2006 ternyata tidak membuat masyarakat Yogyakarta terpuruk, justru bencana tersebut memberikan hikmah untuk bangkit atas kemampuan dan kemauan masyarakat.
Setiap kejadian bencana, lanjutnya, menjadikan pelajaran untuk membangun kehidupan yang lebih baik. Ini sesuai prinsip rehabilitasi dan rekonstruksi yaitu Building Back Better.
“Artinya membangun kembali dengan lebih baik. Semoga bangsa dan masyarakat Indonesia lebih tangguh menghadapi bencana,” tutupnya.  (ea)

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya