SOLOPOS.COM - Plt Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur, Emil Dardak. (beritajatim)

Solopos.com, SURABAYA — Emil Elestianto Dardak telah ditetapkan sebagai Ketua Umum DPD Partai Demokrat Jawa Timur oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

“Iya, sudah ditetapkan Pak Emil Dardak sebagai ketua [DPD Partai Demokrat Jatim],” kata Ketua BPOKK DPP Partai Demokrat, Herman Khaeron, dikonfirmasi wartawan di Surabaya (30/3/2022) malam.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Anggota DPR RI itu juga membenarkan bahwa Emil Dardak telah selesai menandatangani berita acara penetapan di Jakarta.

Baca Juga: Bukan Hanya WBL, Ini Sepuluh Tempat Wisata Alam di Lamongan

Ekspedisi Mudik 2024

Selanjutnya, kata Herman, Emil Dardak yang juga Wakil Gubernur Jatim itu diberikan waktu 14 hari untuk menyusun kepengurusan.

“Nanti surat keputusan akan dikeluarkan setelah pengurus terbentuk,” kata dia yang dikutip dari Antara.

Sementara itu, Emil dardak ketika dihubungi membenarkan jika dirinya telah ditetapkan sebagai orang nomor satu di Partai Demokrat Jatim.

“Iya sudah. Terima kasih dan mohon restunya,” jelas Emil.

Sebelumnya, Musyawarah Daerah (Musda) VI Demokrat Jatim telah digelar pada 20 Januari 2022 di Surabaya, dan dihasilkan pengusulan dua nama ke DPP.

Baca Juga: Monumen Soerjo Ngawi, Dulu Tempat Pembantaian Gubernur Jatim Pertama

Masing-masing nama adalah Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak dan Wakil Ketua Komisi A DPRD Jatim Bayu Airlangga.

Sebelum dinyatakan demisioner saat musda, Emil Dardak merupakan Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Demokrat Jatim, sedangkan Bayu Airlangga adalah Plt Sekretaris-nya.

Setelah musda, keduanya mengikuti uji kepatutan dan kelayakan sebagai calon ketua di hadapan Tim 3, yakni Ketua Umum AHY, Sekretaris Jenderal Teuku Rafly Harsya, dan Ketua Badan Pemenangan Organisasi Kaderisasi dan Keanggotaan (BPOKK) Herman Khaeron.

Beberapa waktu lalu, Ketua Umum AHY saat melakukan safari politik di Jatim meminta ke pengurus di daerah maupun cabang, serta kader di Jatim mendukung nama yang ditunjuk DPP.

Putra sulung Presiden Ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu menegaskan siapapun yang terpilih adalah kader terbaik untuk memimpin partai Demokrat di Jatim periode lima tahun ke depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya