SOLOPOS.COM - Jalur lari di Embung Patemon Semarang yang dimanfaatkan wisatawan untuk berelaksasi. (Solopos.com-Ponco Wiyono)

Solopos.com, SEMARANG — Kota Semarang di Jawa Tengah (Jateng) memiliki sederet destinasi wisata baik yang bernuansa sejarah, religi, hingga alam. Salah satu destinasi wisata alam di Kota Semarang adalah Embung Patemon yang lokasinya tak jauh dari kampus perguruan tinggi negeri (PTN), Universitas Negeri Semarang (Unnes).

Embung Patemon berada di Kampung Sriging, Kelurahan Patemon, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang. Embung ini merupakan tempat penyimpanan cadangan air yang digunakan masyarakat sekitar saat musim kemarau baik untuk irigasi persawahan atau perkebunan.

Promosi Safari Ramadan BUMN 2024 di Jateng dan Sulsel, BRI Gelar Pasar Murah

Dikutip dari laman patemon.semarangkota.go.id, Kamis (8/9/2022), sebagian besar penduduk Sriging memiliki mata pencaharian sebagai petani. Mengingat lahan yang sangat terbatas, sementara pengairan hanya mengandalkan tadah hujan maka dibangunlah embung ini.

Dibangun lewat APBN 2016 yang dilaksanakan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali-Juana, Embung Patemon ternyata oleh masyarakat sekitar dapat dikembangkan sebagai tempat wisata. Salah satunya adalah wisata pemancingan ikan air tawar.

Kelompok Tani Mulyo Langgeng yang merupakan pengelola embung menggelar kegiatan memancing ini setiap akhir pekan.

Baca juga: Dilengkapi Showroom, Potrojayan Serengan akan Jadi Kampung Wisata Blangkon Solo

Tidak hanya pemancingan, terdapat jalur untuk berlari di seputar embung yang jaraknya kurang lebih 500 meter. Sementara pemandangan hijau pepohonan di sekitar pun tak kalah menarik.

Suasana temaram di pagi dan sore hari cocok untuk bersantai sambil melepas kepenatan di tengah kesibukan kuliah atau pekerjaan.

Seorang pengunjung, Isnain, mengaku nyaman saat menyendiri di embung sambil mengerjakan tugas lewat telepon genggamnya. “Tidak berisik karena perkampungan warga terletak agak jauh. Cocok untuk merenung tanpa terganggu suara bising kendaraan,” jelas pelajar asal Kabupaten Semarang ini.

Baca juga: Unik, Warung Kopi di Kendal Ini Gunakan Pembangkit Listrik Tenaga Air

Untuk mencapai Embung Patemon, pengunjung dari kampus Unnes di Gunungpati, Semarang, hanya perlu berkendara sejauh kurang lebih 4 kilometer (km). Lokasi Embung Patemon ini berada di sisi kiri jalan, sekitar 100 meter dari jembatan Sriging ke arah Ungaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya