Embrio, Strategi BRI Ciptakan Talenta Digital Inovatif dan Tangguh

Melalui program Embrio ini, diharapkan muncul ide-ide ‘radikal’ dari Insan BRIlian yang dapat menjadi solusi untuk pertumbuhan bisnis BRI. 

 Program Embrio BRI (Istimewa-BRI)

SOLOPOS.COM - Program Embrio BRI (Istimewa-BRI)

Solopos.com, JAKARTA — Kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) memegang peranan penting dalam menjawab tantangan bisnis di era disrupsi di samping aspek teknologi. Peningkatan kompetensi SDM ini terus didorong oleh BRI melalui program, Embrio, yakni corporate innovation lab BRI atas ide-ide inovasi pekerja BRI.

Direktur Digital dan Teknologi Informasi BRI, Indra Utoyo mengatakan Embrio menjadi upaya BRI menggali potensi terbaik para Insan BRILian (sebutan akrab bagi karyawan BRI). Melalui program komprehensif ini, diharapkan muncul ide-ide ‘radikal’ dari Insan BRIlian yang dapat menjadi solusi untuk pertumbuhan bisnis BRI.

PromosiMuka Tanah di Semarang Ambles 0,8-13,5 Cm/Tahun, Jadi Pemicu Banjir Rob

“Program ini [Embrio] sangat melengkapi ekosistem inovasi kita. Dengan tidak hanya menciptakan ide-ide ‘radikal’ yang dapat meningkatkan daya saing, tapi juga menumbuhkan budaya berinovasi di BRI dan memperkaya platform kita,” kata Indra dalam rilisnya, Kamis (27/1/2022).

Baca juga: Transaksi Digital Diprediksi Tembus Rp50 kuadriliun, Ini Strategi BRI

Karyawan terpilih akan menjalani empat tahapan program Embrio. Tahapan pertama yang adalah identifikasi inovator. Tahap ini dilakukan dengan melakukan seleksi berdasarkan minat dan kemampuan karyawan. Yakni dengan self-assessment questionnaire yang mengukur self-awareness, risk tolerance, kreativitas dan passion tiap karyawan terhadap inovasi, lalu dilanjutkan dengan wawancara oleh management.

Terdapat delapan kriteria yang dijadikan dasar penilaian, antara lain customer centricity, innovation and creativity, decision making, critical thinking, networking, teamwork, business acumen, dan tolerance for stress. Dari ke delapan kriteria ini, customer centricity dan innovation and creativity menjadi prioritas dalam penilaian.

Kedua, pembentukan persona. Di tahapan ini, karyawan akan diklasifikan ke dalam tiga persona, yakni Product Champion (Hacker), Business Champion (Hustler) dan Customer Champion (Hipster). Nantinya, BRI akan menempatkan tim yang melibatkan setiap persona berbeda sebagai upaya optimalisasi ide produk.

Bank BRI
Direktur Digital dan Teknologi Informasi BRI, Indra Utoyo. (Istimewa-BRI)

Baca juga: Mantap! BRI Berikan Beasiswa Kuliah S2 untuk 36 Wartawan

Inovasi Bank BRI

Kemudian dilanjutkan dengan pengembangan dan validasi  ideinovasi yang viable secara teknis dan bisnis, namun tetap menyelesaikan permasalahan utama customer. Proses validasi ini dibagi menjadi dua tahap: problem-solution fit dan product-market fit.

Dalam proses ini, tim manajemen inovasi BRI memberikan coaching sesuai kebutuhan inovator, salah satunya bekerja sama dengan IT BRI untuk menyediakan bimbingan terkait security dan architecture, serta penggunaan teknologi eksisting maupun yang sedang berkembang.

Insan BRIlian kemudian ditantang untuk memvalidasi ide inovasi tersebut menjadi sebuah produk yang memiliki value added bagi BRI. Tim yang berhasil memvalidasi produk kemudian akan diberi kesempatan untuk melanjutkan dan mengelola produk inovasi barunya. Indra menambahkan, program ini diharapkan bisa menampung ide-ide kreatif dari berbagai unit kerja di BRI

“Diharapkan mereka dapat menanamkan pola pikir dan cara kerja yang lebih inovatif di BRI. Bagi tim yang tidak melanjutkan produk, mereka berkesempatan menjadi “Innovation Champion” di unit kerja asal mereka. Di mana mereka juga dapat memperkuat budaya berinovasi di BRI,” jelas Indra.

Baca juga: Persaingan Live Shopping Kian Sengit, E-Commerce Mana Paling Diminati?

Selama mengikuti program Embrio, karyawan terpilih dapat mengalokasikan 60% waktunya untuk proses pengembangan inovasi dan 40% lainnya untuk pekerjaan di unit kerja masing-masing. Digital Lending Platform menjadi contoh nyata program hasil pembinaan program Embrio.

Digital Lending Platform tercatat berhasil mengalami pertumbuhan nasabah baru hingga 478% year on year (yoy). Sementara itu, total disbursement tumbuh hingga 621% yoy. Platform ini menyasar pelanggan toko online dan bekerja sama dengan beberapa brand di Indonesia.

Tidak hanya itu, Embrio juga berhasil menambahkan lima produk untuk aplikasi mobile banking BRI. Seperti verifikasi pengguna baru dan system pembayaran, yang dapat meningkatkan customer experience dan kemudahan dalam penggunaan aplikasi bank.

 

 

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Belum Ada Bintang Terang, Aja Kesusu…

+ PLUS Belum Ada Bintang Terang, Aja Kesusu…

Frasa ”aja kesusu” atau jangan terburu-buru yang dikemukakan Presiden Joko Widodo dalam acara Rapat Kerja Nasional Pro Jokowi (Projo) di Magelang, Jawa Tengah, pada Sabtu (21/5/2022), adalah pesan yang berlaku umum, namun juga bisa ditafsirkan lebih sempit sesuai konteks dan ruangnya.

Berita Terkini

PLN Siapkan Pengamanan Berlapis Dukung Kelancaran UTBK SBMPTN 2022

PLN pastikan keandalan listrik saat pelaksanaan Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SBMPTN 2022 di Jateng dan DIY.

Keren, Pegawai BRI Ini Harumkan Nama Bangsa di SEA Games Vietnam

Bagi Muhammad Chuwaizam atau biasa dipanggil Izam, 33, menjadi pegawai di salah satu perusahaan BUMN tidak menghalangi cita citanya untuk berprestasi

Telanjur Transfer Uang? Ini Cara Blokir Rekening Penipu

Di era digital yang marak penipuan online, mengetahui cara memblokir rekening penipu sangat penting untuk diketahui.

Antam Naik Tipis, Cek Harga Emas Pegadaian Kamis 26 Mei 2022

Pergerakan harga emas 24 karat yang dijual di Pegadaian pada Kamis (25/5/2022) ini terpantau turun untuk cetakan UBS dan naik untuk cetakan Antam.

Hindari Klaim Asuransi Gagal Bayar, Ini Rahasia BRI Life

PT Asuransi BRI Life memiliki strategi khusus dalam mengantisipasi potensi klaim asuransi gagal bayar.

Tidak Sulit, Begini 3 Cara Cek Rekening Penipu Secara Online

Bukan hanya pihak berwenang, cara cek rekening penipu secara online juga bisa dilakukan oleh siapa saja dan kapan saja.

Pernikahan Adik Jokowi Kerek Okupansi, Anwar Usman Nginap di Hotel Ini

Momen pernikahan adik Presiden Jokowi, Idayati dengan Ketua Mahkamah Konstitusi mampu mendongkrak okupansi hotel-hotel di Kota Solo.

Semen Gresik Sukses Kampanye Zero Gratification pada Idulfitri 1443 H

Kampanye zero gratification sukses dilaksanakan, PT Semen Gresik (PTSG) mencatat nihil gratifikasi selama Idulfitri 1443 H.

Hadiri WEF 2022, Dirut BRI Tegaskan Komitmen Dorong Inklusi Keuangan & ESG

Topik yang menjadi bahasan utama dalam WEF 2022 di antaranya adalah globalisasi, digitalisasi, implementasi ESG Global, serta inklusi keuangan.

Kurs Rupiah Ditutup Menguat Rp14.617,5 per Dolar AS, Rabu (25/5/2022)

Melemahnya dolar telah berhenti baru-baru ini karena kemungkinan Federal Reserve mempercepat misi kenaikan suku bunganya pada akhir tahun.

Subsidi Minyak Goreng Dicabut, Inflasi Mengintai

Ekonom Institute of Development on Economics and Finance (Indef) Esther Sri Astuti mengatakan harga minyak goreng seharusnya kembali ke normal, yaitu di kisaran Rp10.000 hingga Rp15.000 per liter.

Jokowi Optimistis Harga Minyak Goreng Rp14.000 Per Liter Pekan Depan

Pemerintah, menurut Jokowi, sudah menemukan titik terang penyebab sekaligus solusi atas mahalnya harga minyak goreng.

Kartu Prakerja Gelombang 30 Dibuka, Begini Syarat dan Cara Daftarnya

Lewat akun Instagram @prakerja.go.id, pendaftaran program kartu prakerja gelombang 30 diumumkan telah dibuka pada Sabtu (21/5/2022).

Peran Mantri BRI Perkuat Financial Advisory dan Perekonomian Desa

Selaku tenaga pemasar, Mantri BRI mengidentifikasi wilayah bisnis sebagai suatu ekosistem.

Mantap, Iuran BPJS Kesehatan Tak Naik hingga 2024

Manajemen Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan memastikan tidak ada kenaikan iuran hingga 2024.

Setelah dari OVO, Mansek, TLDN, Mirza Adityaswara Mundur dari TOWR

Wakil Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terpilih periode 2022-2027 Mirza Adityaswara, kembali mengundurkan diri dari jabatan komisaris Independen PT Sarana Menara Nusantara Tbk. (TOWR).