SOLOPOS.COM - Donald Trump (Reuters)

Email bos Uber bocor usai ramai beredar di kalangan internal.

Solopos.com, WASHINGTON — Bos Uber, Thuan Pham, mendadak ramai dibicarakan. Kabarnya, surel (email) pribadi Chief Technology Officer ini bocor. Surel itu berisi hujatan kepada Presiden baru Amerika Serikat (AS), Donald Trump.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dilansir Business Insider, Kamis (26/1/2017), kebocoran email itu rupanya berasal dari sekelompok kecil staf Uber. Awalnya, email tersebut hanya ditujukan ke sekelompok kecil staf Uber, namun kemudian beredar dengan cepat di seluruh internal Uber dan akhirnya bocor.

Thuan Pham dalam emailnya menyebut Trump sangat memalukan. Dia tidak terima jika Trump menjadi pemimpinnya, serta menyebut kemenangan Trump dalam Pilpres AS itu adalah kemunduran besar. Kebencian Thuan Pham tidak berhenti di situ saja. Dia bahkan membandingkannya dengan kemunculan diktator seperti Mao Tse-dong di China dan Khmer Merah di Kamboja setelah Perang Vietnam.

Bocornya email tersebut merupakan bentuk protes dari internal perusahaan menyusul terpilihnya Uber sebagai salah satu perusahaan teknologi yang kini terpilih untuk “dekat” dengan kepemimpinan Trump. Terlebih lagi CEO Uber, Travis Kalanick baru saja diangkat menjadi salah satu dari 19 eksekutif yang menjadi penasihat Trump berkaitan dengan isu ekonomi. Di antara 19 eksekutif tersebut ada juga CEO Tesla Elon Musk dan CEO Disney Bob Iger.

Terpilihnya Uber sebagai salah satu perusahaan yang berhubungan dengan administratif pemerintahan Trump langsung menjadi headline pada pekan lalu dan menuai suara sumbang. Sekelompok pendemo bahkan mendatangi kantor pusat Uber di San Francisco, mencela ‘kolaborasi’ Uber dengan Trump. Di internal karyawan Uber sendiri, sebagian besar merasa khawatir perusahaan mereka akan dikaitkan dekat dengan Trump yang dikenal dengan komentar kontroversialnya, mulai dari soal imigran dan sampai soal wanita yang membuat publik marah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya