SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

WONOGIRI — Harga elpiji 3 kilogram (kg) di sejumlah daerah di Wonogiri naik tajam. Dari harga semula Rp12.750-Rp13.000/tabung dalam beberapa hari terakhir harga elpiji 3 kg menembus Rp15.000-Rp17.000/tabung.

Warga Lingkungan Sukorejo, Kelurahan Giritirto, Kecamatan Wonogiri, Heri Adi, mengatakan sejak tiga hari terakhir harga elpiji 3 kg bergerak naik. Kenaikan harga tersebut terjadi hampir di semua toko/pengecer penjual elpiji 3 kg.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Contohnya di Pasar Kota Wonogiri. Biasanya satu tabung paling mahal Rp13.000, sekarang kok jadi Rp15.000. Bahkan ada yang Rp17.000/tabung. Saya heran apa barangnya tidak ada?” ungkap Heri, kepada Solopos.com, Senin (18/3/2013) sore.

Selain naik harga, menurutnya, pasokan elpiji 3 kg juga sering tersendat. Kondisi itu sangat menyulitkan masyarakat. Apalagi, di tengah kenaikan harga hampir semua kebutuhan sehari-hari, mulai dari bawang putih, bawang merah dan cabai. Menurutnya, beban masyarakat menjadi bertumpuk-tumpuk.

Sementara itu, tidak hanya di Kecamatan Wonogiri, kenaikan harga elpiji 3 kg juga terpantau di Kecamatan Girimarto dan Purwantoro. Di dua kecamatan tersebut kenaikan harga terjadi dalam waktu yag tidak bersamaan.

Menurut warga Kelurahan Gemawang, Kecamatan Girimarto, Ning, kenaikan harga elpiji 3 kg menjadi Rp16.000/tabung terjadi kurang dari sepekan terakhir.

Sedangkan di Purwantoro, warga Desa/Kecamatan Purwantoro, Wardi, mengungkapkan kenaikan harga telah terjadi lebih dari tiga pekan terakhir. Baik Heri, Ning, maupun Wardi, berharap kenaikan harga elpiji 3 kg bisa dikendalikan. Mereka meminta harga elpiji kembali normal.

Menanggapi kabar kenaikan harga elpiji 3 kg tersebut, Kabid Elpiji 3 kg Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswanamigas) Soloraya, Budi Prasetyo, mengatakan akan menyelidiki penyebab kenaikan harga elpiji yang mencapai 30% itu.
Pasalnya, menurut dia, kenaikan harga elpiji 3 kg tersebut hampir tidak masuk akal sebab stok elpiji di Wonogiri dalam keadaan melimpah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya