SOLOPOS.COM - Foto Ilustrasi Gas 3 Kg Langka JIBI/Bisnis Indonesia/Rachman

Foto Ilustrasi Gas 3 Kg Langka
JIBI/Bisnis Indonesia/Rachman

BANTUL-Kasi Pengembangan Pengawasan Perdagangan Dalam dan Luar Negeri Dinas Perindustrian Perdaganan dan Koperasi (Disperindagkop) Bantul, Subaryoto menyebut harga eceran elpiji tabung 3 kg mencapai Rp16.000. Saat ini daerah tersebut mengalami kekurangan pasokan elpiji.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kekurangan elpiji ukuran tiga kilogram di wilayah ini dirasakan sudah sejak sebulan terakhir yang dikarenakan kuota tambahan elpiji yang diajukan ke Pertamina sejak awal 2013 belum direalisasikan.

Ekspedisi Mudik 2024

Kebutuhan ideal elpiji tiga kilogram untuk semua kecamatan di Bantul mencapai sebanyak 20.000 per tabung per hari, sementara kuota yang ada rata-rata per hari sebanyak 16.910 tabung.

Ia mengatakan, karena kekurangan elpiji ukuran tiga kilogram ini maka mengakibatkan sejumlah pengecer elpiji terutama di daerah pinggiran Bantul menaikkan harga jual karena kesulitan mendapatkan elpiji.

Ia menyebutkan, berdasarkan pantauan dinas sejumlah kecamatan itu di antaranya Kecamatan Sanden, Bambanglipuro, Kretek dan Imogiri, dimana harga menembus Rp16.000 per tabung, padahal batas kenaikan sebesar Rp15.000 per tabung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya