SOLOPOS.COM - Ilustrasi elpiji 3 kg (Burhan Aris Nugraha/JIBI/Solopos)

Ilustrasi elpiji (JIBI/SOLOPOS/Burhan Aris Nugraha)

SOLO — Harga jual elpiji baik 3 kilogram maupun 12 kilogram di tingkat konsumen dan pengecer di Kota Solo dan sekitarnya mulai mengalami peningkatan, seiring kelangkaan pasokan elpiji 3 kilogram.

Promosi BRI Siapkan Uang Tunai Rp34 Triliun pada Periode Libur Lebaran 2024

Harga jual elpiji 3 kilogram rata-rata naik Rp500 hingga Rp1.000 per tabung. Sementara elpiji 12 kilogram naik hingga Rp7.000 per tabung, dari kisaran harga Rp73.000 per tabung menjadi Rp80.000 per tabung.

Menurut salah satu pemilik warung makan di Jl Kebangkitan Nasional, Sriwedari, Fitrianita, kelangkaan elpiji 3 kilogram makin menjadi. Dia semakin kesulitan mendapatkan elpiji 3 kilogram. Akhirnya, untuk melangsungkan usaha warung makannya, diapun beralih ke elpiji 12 kilogram. Tetapi, harganya sudah melambung hingga Rp80.000 per tabung.

“Hari ini saya sudah cari elpiji 3 kilogram di mana-mana habis semua. Kemarin masih bisa dapat satu tabung, sekarang nihil. Terpaksa saya beli yang 12 kilogram tapi harganya sudah Rp80.000 per tabung,” kata Fitrianita, saat ditemui Solopos.com, di lokasi usahanya, Sabtu (11/5/2013).

Baginya, kenaikan harga elpiji 12 kilogram ini cukup menjadi beban usaha. Karena menurutnya, pemakaian elpiji 3 kilogram dengan harga normal Rp14.000 atau Rp15.000 per tabung jauh lebih hemat.

Salah seorang warga Kadipiro, Dyah Supono juga mengeluhkan kenaikan harga elpiji 3 kilogram yang sudah terjadi sejak pekan lalu. “Sudah sekitar dua hari ini harga elpiji 3 kg naik, dari Rp15.000 per tabung menjadi Rp15.500 per tabung,” kata Dyah. Dari informasi yang dia peroleh dari kalangan pengecer, kenaikan harga elpiji 3 kilogram ini disebabkan karena seretnya pasokan elpiji 3 kilogram.

Kabid Elpiji 3 Kilogram Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) Solo, Budi Prasetyo, menyampaikan harga jual di tingkat eceran sudah bukan lagi menjadi wilayah pantauan distribusi Hiswana Migas. Tapi, menurutnya harga jual dari agen sampai saat ini tetap Rp12.750 per tabung sesuai dengan aturan pemerintah.

Budi menyampaikan awal pekan ini pihaknya akan melakukan pemantauan ke sejumlah titik distribusi yang ada di daerah-daerah, untuk mengetahui kondisi lapangan. Pihaknya pun mengakui, keluhan kelangkaan elpiji 3 kilogram tidak hanya terjadi di Solo, tetapi di daerah-daerah seperti Sukoharjo, Wonogiri, Karanganyar dan Sragen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya