SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

WONOGIRI — Pemkab Wonogiri meminta Pertamina kembali menambah alokasi elpiji tabung 3 kilogram (kg) menyusul masih sulitnya masyarakat mencari barang tersebut. Tambahan alokasi diusulkan sebanyak 200% alokasi harian masing-masing diberikan 100% di hari Kamis (23/5/2013) dan 100% pada Jumat (24/5/2013).

Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan, Joko Pramono, mewakili Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Wonogiri, Sumardjono, mengatakan usulan tambahan alokasi itu selain untuk memenuhi kebutuhan masyarakat juga mencegah semakin langkanya elpiji tabung 3 kg, khususnya pada libur panjang akhir pekan, pekan ini.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Surat untuk meminta tambahan alokasi itu kami kirimkan hari ini [Senin], semoga saja bisa segera disikapi dan dipenuhi Pertamina. Kami tidak ingin warga terus kesulitan mencari elpiji tabung 3 kg,” beber Joko, saat ditemui wartawan di kompleks Kantor Pemkab Wonogiri, Senin (20/5/2013).

Sebelumnya, pekan lalu Wonogiri juga sudah digelontor tambahan alokasi elpiji tabung 3 kg sebanyak 100% alokasi harian atau sekitar 11.700 tabung, yang dibagi dalam dua hari, Selasa-Rabu (14-15/5/2013).

Namun tambahan alokasi itu dirasa belum cukup sehingga warga masih kesulitan mencari elpiji tabung 3 kg. Harga elpiji juga melonjak dari Rp14.000-Rp15.000/tabung menjadi Rp17.000-Rp18.000/tabung di tingkat pengecer.

Joko berharap dengan tambahan alokasi elpiji tabung 3 kg lagi, kebutuhan elpiji warga bisa terpenuhi.

Joko menambahkan kebijakan meminta tambahan alokasi elpiji tabung 3 kg, juga didasari pengalaman selama ini, di mana pengiriman elpiji oleh agen biasanya terhenti pada hari libur dan hari Minggu.

Pada bagian lain, UMKM produsen makanan ringan asal Baturetno, Doni, mengaku beberapa hari terakhir dirinya mulai mudah mencari pengecer yang menjual tabung elpiji 3 kg. Sayangnya, harga elpiji masih tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya