SOLOPOS.COM - Ilustrasi elpiji (Dok/JIBI/Solopos)

Dalam penyaluran elpji bersubsidi 3 kilogram saat ini sudah menerapkan sistem rayonisasi

Harianjogja.com, BANTUL – Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Bantul, mengawasi peredaran elpiji bersubsidi ukuran tiga kilogram di daerah ini agar jangan sampai ke luar rayon atau luar kabupaten ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kalau sekarang ini kondisinya normal, cuma yang perlu dilakukan adalah mengawasi peredarannya supaya jangan sampai di bawah ke luar Bantul,” kata Kepala Disperindagkop Bantul, Sulistyanto seperti dikutip Antara, Minggu (9/10/2016).

Menurut dia, dalam penyaluran elpji bersubsidi 3 kilogram saat ini sudah menerapkan sistem rayonisasi, rayonisasi tersebut disesuaikan dengan warna tutup tabung. Misalnya, untuk Bantul, tutupnya berwarna cokelat.

Meski demikian, kata dia, diakui praktik peredaran elpji ke luar rayon masih sering terjadi, terutama saat ada informasi bahwa di rayon lain yang merupakan kabupaten tetangga ada kenaikan harga elpiji karena kekurangan barang.

“Biasanya ada informasi kalau di luar daerah harganya naik, orang yang membawa keronjot cenderung ke sana karena ingin mendapat keuntungan lebih,” katanya.

Untuk itu, kata dia, dalam melakukan pengawasan peredaran elpiji ke luar rayon, pihaknya bekerja sama dengan instansi terkait di kabupaten lain, atau misalnya menemukan elpiji yang bukan untuk Bantul segere berkoordinasi.

“Kalau yang masuk, lebih mudah. Kalau yang ke luar rayon, tidak mudah karena biasanya larinya ke warung bukan pangkalan elpiji. Informasi itu biasanya terjadi di wilayah-wilayah perbatasan,” katanya.

Pada musim hujan ini, diakuinya terjadi kenaikan permintaan elpiji. Namun, pihaknya mengatakan bahwa masyarakatnya tidak mengalami kekurangan maupun kesulitan mendapat elpji karena jatah masih mencukupi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya