SOLOPOS.COM - Foto Ilustrasi JIBI/Bisnis Indonesia/Rachman

Foto Ilustrasi
JIBI/Bisnis Indonesia/Rachman

JOGJA-Konsumsi gas elpiji tiga kilogram di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) meningkat. Bulan depan pasokan elpiji ukuran tersebut akan ditambah menjadi 200 %.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua BPC Himpunan Wiraswasta Minyak Bumi dan Gas (Hiswana Migas) Siswanto, mengatakan tahun ini kuota gas elpiji di DIY turun sebesar 2%. Penurunan kuota tersebut mengakibatkan adanya kelangkaan yang terjadi beberapa bulan ini di sejumlah pangkalan elpiji. Sehingga, pasokan elpiji ukuran tersebut akan dinaikkan.

“Kemarin dikatakan kelangkaan-kelangkaan itu, pemerintah daerah banyak yang mengajukan tambahan kepada Pertamina. Sehingga, untuk Mei ini ada penambahan sampai 150 persen. Kemudian untuk bulan Juni nanti akan ada tambahan 200 persen,” papar Siswanto kepada Harianjogja.com Selasa (28/5) lalu.

Siswanto mengatakan permintaan penambahan gas elpiji tiga kilogram tersebut berlaku untuk pasokan setiap harinya. Tahun lalu sistem penghitungan distribusi elpiji selalu dihitung per 24 hari, mulai tahun 2013 ini dihitung 26 hari.

“Hal ini disebabkan karena memang pengguna gas elpiji tiga kilogram ada peningkatan,” papar Siswanto.

Meningkatnya konsumen elpiji tiga kilogram ini cukup beragam. Siswanto menandaskan adanya isu akan naiknya harga gas elpiji ukuran 12 kilogram, turut memicu peningkatan gas ukuran tiga kilogram.
Selain itu, pengaruh cuaca dan musim hujan ini juga mendorong peningkatan konsumen baru elpiji tiga kilogram.

“Orang yang biasanya pakai kayu bakar, musim hujan seperti ini kayunya basah jadi tidak bisa dipakai. Mereka pun akhirnya mulai beralih ke elpiji karena lebih praktis,” terang Siswanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya