SOLOPOS.COM - Bek timnas U-23 Indonesia melakukan selebrasi setelah mencetak gol saat melawan China Taipei pada kualifikasi Grup K Piala Asia U-23 2024 di Stadion Manahan, Sabtu (9/9/2023) malam. Indonesia menang 9-0. (Instagram/timnas.indonesia).

Solopos.com, DOHA — Bek jangkung milik Timnas Indonesia, Elkan Baggott, tak bisa memperkuat Garuda Muda yang berlaga di Piala Asia U-23 di Qatar mulai Senin (15/4/2024) besok.

Padahal, pemain keturunan berdarah Indonesia-Inggris itu termasuk yang berjasa meloloskan Indonesia untuk kali pertama sepanjang sejarah di Piala Asia U-23.

Promosi Uniknya Piala Asia 1964: Israel Juara lalu Didepak Keluar dari AFC

Baggott menjadi bagian penting Timnas U-23 saat menjalani laga kualifikasi di Grup K Piala Asia U-23 2024 di Solo pada September 2023.

Indonesia melumat China Taipei dengan skor fantastis 9-0 di laga pertama dan Turkmenistan 2-0 di laga kedua.

Indonesia lolos sebagai juara Grup K dan lolos ke Piala Asia U-23 untuk kali pertama sepanjang sejarah.

Bukan hanya menjadi tembok kokoh pertahanan Merah Putih, Elkan Baggott bahkan menyumbang satu gol ke gawang China Taipei.

Torehan satu gol itu diapresiasi klub tempat Baggott bernaung, Ipswich Twon yang berlaga di kasta kedua Liga Inggris.

“Satu gol, clean sheet, dan 90 menit untuk Elkan Baggott dalam kemenangan 9-0 Indonesia U23 hari ini melawan Taiwan,” tulis akun Twitter resmi Ipswich Town seusai pertandingan.

Saat itu Elkan mencetak gol melalui sundulan dari skema sepak pojok.

Dia memang kerap membantu serangan saat Indonesia mendapatkan tendangan sudut.

Elkan juga pernah menciptakan gol melalui sundulan saat Indonesia melawan Malaysia di Piala AFF 2020 yang digelar akhir 2021 lalu. Akhirnya Indonesia menang 4-1.

Sayangnya, saat Piala Asia sesungguhnya justru Elkan Baggott tidak bisa bermain.

Ipswich Town meminjamkan Baggott ke klub di kasta ketiga Liga Inggris, Bristol Rovers. Karena Piala Asia U-23 bukan agenda FIFA, Bristol Rovers tidak mengizinkan Baggott pergi.

Apalagi, Baggott belum dalam kondisi 100 persen karena baru pulih dari cedera betis. Kendati demikian, Baggott sudah mulai bermain ketika Bristol Rovers menghadapi Cheltenham Town.

Bahkan dalam laga tandang itu Baggott yang bertinggi badan 194 cm menciptakan gol melalui sundulan kepala ke mantan klubnya tersebut pada menit ke-77.

Pertandingan dimenangi Bristol Rovers dengan skor 3-1.

Berikut biodata Elkan Baggott:

Nama lengkap: Elkan William Tio Baggott.
Tempat/tgl lahir: Bangkok, Thailand/ 23 Oktober 2002
Tinggi badan: 194 cm
Posisi: bek
Warga negara: WNI sejak remaja
Ayah: Roland Baggott (Inggris)
Ibu: (Indonesia)

Tim Debutan

Timnas Indonesia U-23 akan memulai debutnya di Piala Asia U-23 2024 menghadapi tuan rumah Qatar di Jassim Bin Hamad Stadium, Doha, Qatar, Senin (15/4/2024).

Indonesia yang berlaga tanpa dua pilar penting, Elkan Baggott dan Nathan Tjoe Aon, disebut sebagai kuda hitam karena berstatus sebagai debutan.

Bagi Garuda Muda, ini adalah kali pertama menembus turnamen Piala Asia U-23 dan langsung tergabung bersama Qatar, Australia dan Yordania di Grup A.

Berbeda dengan Timnas Indonesia U-23, ketiga negara lainnya di Grup A bahkan sudah memiliki sejarah apik di Piala Asia U-23.

Qatar adalah peringkat tiga di Piala Asia U-23 edisi sebelumnya sedangkan Australia meraihnya pada 2018 sedangkan Yordania jadi peringkat tiga pada 2013.

Perkiraan susunan pemain

Qatar (4-2-3-1)

Yousef Abdulla Baliadeh; Saifeldeen Fadlalla, Abdulla Al-Ali, Abdulrahman Rashid, Abdalla Yousif; Youssef Mohamed Ali, Jassem Gaber.;  Mostafa Meshaal, Abdullah Badr Al-Yazidi, Khalid Ali Sabah; Tameem Al-Abdullah



Pelatih: Ilidio Vale

Timnas Indonesia U-23 (3-4-3)

Ernando Ari; Rizky Ridho, Kakang Rudianto, Rio Fahmi; Witan Sulaiman, Ivar Jenner, Arkhan Kaka, Pratama Arhan; Marselino Ferdinan, Rafael Struick, Dony Tri Pamungkas

Pelatih: Shin Tae-yong

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya