SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Solopos.com) – Sejumlah elemen masyarakat Solo mempersiapkan aksi menyambut kedatangan Gubernur Bibit Waluyo, Kamis (30/6/2011) ini. Rencana aksi itu dilakukan bertepatan dengan program kedatangan Bibit yang akan memimpin rapat koordinasi kepala daerah se-Soloraya di Graha Soloraya, kawasan Gladak, Solo. ”Kami sudah siapkan aksi untuk menyambut kedatangan Bibit,” tegas Agus Anwari, salah satu elemen Forum Komunitas Masyarakat Solo (FKMS) kepada wartawan di Balaikota Solo.

Pengamat hukum Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Prof Jamal Wiwoho, mengkhawatirkan kondisi masyarakat apabila konflik antara Walikota dengan Gubernur terus terjadi. ”Saya angkat topi untuk Walikota yang tidak pernah terpancing dengan kata-kata Gubernur. Saya melihat konflik Saripetojo sekarang ini sudah bergeser menjadi seakan-akan konflik antarpribadi,” jelasnya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Jamal menambahkan pernyataan Bibit sangat tidak etis. Menjadi tidak pantas dan tidak etis, sambung Jamal, apabila pertikaian yang mengarah kepada pribadi diungkap ke media massa. Mengenai penolakan Pemkot Solo atas rencana Gubernur yang akan membangun mal, Jamal menyatakan penolakan itu wajar. ”Persoalan Saripetojo itu kan urusan daerah. Jadi boleh-boleh saja Solo menolak. Jadi ini tidak ada sangkut pautnya dengan Gubernur sebagai atasan Walikota mengacu kepada UU No 32/2004 tentang Pemerintahan Daerah. Walikota dalam hal ini bertanggung jawab kepada rakyat bukan kepada Gubernur,” tegas Jamal.

Sementara anggota Komisi III DPRD Solo, Abdullah AA, mengatakan pembangunan mal harus disertai izin usaha pusat perbelanjaan (IUPP) serta izin usaha toko modern (IUTM). Kedua perizinan itu diatur dalam Perpres No 112/2007 serta Peraturan Menteri Perdagangan No 53/2008. Tanpa dua perizinan tersebut, mal tidak bisa dibangun.

sry

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya