Elektabilitas Tinggi, PDIP Usung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024?
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Solopos.com, JAKARTA – Elektabilitas Ganjar Pranowo pada sejumlah survei menjelang Pilpres 2024 terlihat cukup tinggi. Pria yang menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah itu masuk bursa kandidat capres 2024 terkuat di beberapa hasil survei.

Lantas, apakah PDIP bakal mengusung Ganjar Pranowo maju di Pilpres 2024? Menanggapi hal tersebut, Ketua DPP PDIP, Djarot Saiful Hidayat, angkat bicara.

Djarot mengatakan PDIP memiliki banyak kader selain Ganjar Pranowo. Oleh sebab itu pihak DPP PDIP masih menunggu sepak terjang kader lainnya.

"Pak Ganjar itu adalah kader PDIP yang sekarang Gubernur Jawa Tengah. Tetapi kita harus tahu bahwa di PDIP juga banyak kader juga selain Pak Ganjar," jelasnya seperti dilansir Detik.com, Selasa (23/2/2021).

Baca juga: Survei LSI: Ganjar Pranowo Kandidat Capres 2024 Terkuat dari PDIP

Pihak DPP PDIP tidak menutup peluang bagi kader lain selain Ganjar Pranowo untuk maju di Pilpres 2024.

"Maka daripada itu, kita akan tunggu bagaimana ini, tergantung dari Pak Ganjar juga, bagaimana dia bisa meningkatkan elektabilitasnya dan teman-teman di PDIP maupun dari luar kita juga bisa. Artinya apa? Artinya, 2014 (2024) itu masih terbuka bagi siapa pun juga," tegas Djarot.

Baca juga: Kado Pahit di Ultah ke-6 Fauzi Sragen: Tangan Diamputasi Gegara Malapraktik

Ganjar Pranowo Capres 2024 Terkuat

Diberitakan sebelumnya, Ganjar Pranowo, menjadi salah satu kandidat capres 2024 terkuat dari PDIP. Hal itu diketahui berdasarkan hasil survei Pilpres 2024 dari Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang dirilis Senin (22/2/2021).

Pada survei top of mind, Presiden Jok Widodo (Jokowi) dan Ganjar Pranowo menjadi kandidat terkuat capres 2024 pilihan responden. Tetapi, Presiden Jokowi tentu tidak bisa maju lagi sebagai capres pada pilpres mendatang.

Survei kemudian dilakukan dengan pertanyaan semi terbuka. Hasilnya, nama Ganjar Pranowo muncul sebagai capres 2024 terkuat dari kader PDIP. Dia menempati posisi kedua di bawah Presiden Jokowi dengan persentase 10,6%.

Baca juga: Harga Tembus Rp300.000/Kg, Pantas Porang Jadi Idola Petani Wonogiri

Kader PDIP Lain

Kader PDIP lainnya yang masuk bursa capres 2024 versi LSI adalah Ahok di urutan keempat dengan 7,2% serta Menteri Sosial Tri Rismaharini yang berada di posisi keenam dengan persentase 5,5%.

Sementara itu, Ketua DPR RI Puan Maharani yang merupakan anak Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarno Putri, justru kalah pamor. Dia menempati urutan ke-22 daftar capres 2024 debngan persentase 0,1%.

Baca juga: Pedagang Pasar Gede dan Klewer Solo Divaksin Covid-19 Akhir Februari 2021

LSI kemudian melakukan survei capres 2024 dengan simulasi tertutup mengacu pada 14 nama. Hasilnya, Ganjar Pranowo dan Puan Maharani menjadi capres 2024 dari PDIP dengan elektabilitas yang kuat.

Dalam survei itu Ganjar Pranowo berada di urutan kedua dengan 14,7%. Sementara Puan Maharani berada di posisi ke-11 dengan persentase 0,8%.

LSI kemudian mengerucutkan kandidat capres 2024 dengan 10 nama. Hasilnya kembali memunculkan nama Ganjar Pranowo sebagai kandidat capres di Pilpres 2024 dengan persentase 15,4%. Perolehan itu membuatnya berada di posisi kedua di bawah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom