Elektabilitas Prabowo Tertinggi, Fadli Zon Tafsirkan Keinginan Ganti Presiden, Ini Faktanya
Fadli Zon (kanan) saat berkunjung di Pasar Klewer, Solo, Rabu (2/7/2014) silam. (Solopos - dok)

Solopos.com, JAKARTA -- Politikus Partai Gerindra Fadli Zon kembali mengeluarkan pernyataan yang menggelitik menanggapi hasil survei elektabilitas tokoh yang potensial maju di Pilpres 2024. Dia mengaku kasihan terhadap Jokowi karena hasil survei.

"Menurut saya kasian inilah Pak Jokowi, pemerintahannya baru seumur jagung udah dilakukan survei gitu lo" kata Fadli.

Dengan adanya survei tersebut, Fadli Zon menganggap orang terlihat buru-buru ingin mengganti presiden. "Kaya orang mau kebelet langsung ganti presiden gitu lo," ujarnya.

Terinfeksi Virus Corona, Ini Curhat Wakil Menkes Iran

"Kaya enggak puas sama pemerintah, berilah waktu dulu untuk menunaikan janji-janjinya yang banyak mungkin sebagian ada yang enggak masuk akal," tambah Fadli Zon.

Elektabilitas yang dimaksud adalah mengenai tokoh-tokoh yang mungkin akan maju di Pilpres 2024.

"Tentu kalau saya senang Pak Prabowo di urutan pertama, Pak Anies Baswedan kan [urutan kedua] juga Gubernur yang diusul partai kami, yang ketiga ada Mas Sandiaga kan juga dari kami, ini kaya all Indonesia final" tambahnya.

Sederet Pejabat Elite Iran Terjangkit Virus Corona, Salat Jumat di Berbagai Kota Batal

Statement tersebut dinyatakan oleh Fadli dalam sebuah talkshow yang ditayangkan TVOne pada Kamis (27/2/2020) yang juga dihadiri oleh politikus Partai Demokrat Ferdinand Hutahean, Geisz Chalifah (pendukung Anies Baswedan), dan politikus Partai Nasdem Irma Suryani.

Hasil Survei

Benarkah anggapan Fadli Zon bahwa hasil survei itu menunjukkan orang buru-buru ingin mengganti presiden? Jawabannya ada di hasil survei tersebut.

Dari hasil survei nasional Indobarometer yang berlangsung 9-15 Januari 2020, terlihat elektabilitas terakhir sederet tokoh politik untuk Pilpres 2024. Dalam survei itu, Prabowo Subianto memang berada di puncak diikuti Anies Baswedan.

Terus Naik! Setahun, Sejuta Jemaah Indonesia Berangkat Umrah

Namun sebagai catatan, Prabowo Subianto berada di puncak dalam daftar 22 tokoh selain Joko Widodo (Jokowi). Hal ini karena Jokowi sudah tidak bisa lagi maju sebagai calon presiden untuk kali ketiga (selama konstitusi tidak diubah).

Prabowo berada di posisi teratas dengan 22,5% disusul Anies Baswedan 14,3%.

Berikut elektabilitas para tokoh tersebut tanpa Jokowi:

Namun dalam pertanyaan terbuka tentang siapa saja nama tokoh yang dipilih responden di Pilpres dilakukan hari ini, hasilnya berbeda. Nama Jokowi rupanya masih yang paling banyak dipilih oleh responden dan jauh mengungguli Prabowo Subianto.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho