SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta [SPFM], Hasil jajak pendapat Lembaga Survey Nasional (LSN) menunjukkan, menurunnya popularitas dan elektabilitas partai politik berlatar Islam telah menular ke para politisinya. Tingkat elektabilitas mereka jauh tertinggal, jika dibandingkan sesama rekan politisi dari partai-partai politik, yang tidak berbasiskan massa agama. Direktur Eksekutif LSN, Umar S. Bakry, Selasa (26/6) mengatakan, kondisi ini menunjukkan bahwa fenomena masyarakat yang semakin religius, tidak serta membuat tertarik pada ideologi partai politik berbasis Islam.

Menurut Umar, kondisi ini juga disebabkan adanya krisis identitas di kalangan partai politik dan politisi Islam. Tidak hanya itu, perilaku partai dan politisi Islam yang cenderung pragmatis, juga dinilai tidak memberikan manfaat bagi umat Islam. Dari seribuan responden, pemilih yang memilih partai berbasis Islam hanya mencapai 15,7%. Kecenderungan ini menurun, dibandingkan saat Pemilu tahun 1999 atau 2004. Saat itu, total suara terhadap partai berbasis massa Islam cenderung tinggi. [dtc/ary/bet-mg]

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya