Tutup Iklan

Elektabilitas Ganjar Tergurat di Survei Capres 2024

Ganjar Pranowo yang mendadak diposisikan sebagai pesakitan oleh PDI Perjuangan terbukti mengguratkan elektabilitas dalam survei capres 2024

 Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA — Ganjar Pranowo yang mendadak diposisikan sebagai pesakitan oleh PDI Perjuangan Jawa Tengah terbukti mengguratkan popularitas, akseptabilitas, kepantasan, dan elektabilitas yang mengagumkan dalam survei calon presiden 2024. Prabowo Subianto memang menempati urutan teratas sebagai capres 2024 namun dibuntuti Megawati Soekarnoputri, Anies Baswedan, Sandiaga Uno, Ridwal Kamil, dan Ganjar.

Survei Puspoll Indonesia pada April 2021 menunjukan untuk tingkat popularitas dan akseptabilitas capres 2024, Prabowo mendapatkan 93,8% responden mengenal dan 79,9% suka.  Sedangkan di urutan kedua ada nama Megawati Soekarnoputri dengan 87,3% mengenal dan 58,6% suka. Kemudian, urutan ketiga ada Anies Baswedan dengan 86,4% kenal dan 72,6% suka.

Baca Juga: Tak Henti Jubir Jelaskan Bipang Ambawang Presiden

Sementara itu, untuk tingkat kepantasan menjadi Calon Presiden, Prabowo kembali menempati urutan teratas 66,2%, disusul Anies Baswedan 60,1%, dan ketiga Sandiaga Uno sebanyak 50,8%.  Di sisi lain, Sandiaga Uno dinilai paling pantas menjadi wakil presiden dengan hasil survei 54,4%, disusul Anies Baswedan 48,7%, dan Ganjar Pranowo 40%.

“Nama-nama yang populer adalah nama kepala daerah meskipun mereka sudah mengatakan tidak akan mencalonkan sekalipun,” kata Muslimin Tanja, Direktur Eksekutif Puspoll Indonesia, pada paparan hasil survei Puspoll Indonesia, Minggu (23/5/2021).

1.600 Responden

Sementara itu, untuk tingkat elektabilitas capres 2024 dari 22 nama yang diuji, elektabilitas ada Prabowo Subianto tetap tertinggi sampai 20,9%, kedua Anies Baswedan 15,4%, Ganjar Pranowo 13,8%, Sandiaga Uno 7,1%, dan Ridwal Kamil 4,9%. “Elektabilitas ini kami berikan pertanyaan kalau misalnya pemilihan dilakukan hari ini,” imbuh Muslimin.

Survei Puspoll dilakukan April yang dilakukan menggunakan multi step random sampling. Responden yang diwawancarai adalah 1.600 orang dengan margin of error kurang lebih 2,45%, pada tingkat kepercayaan 95%. Sebaran responden ada di 34 provinsi dengan sampel proporsional.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos


Berita Terkait

Espos Premium

Berita Terkini

Sejarah Hari Ini : 29 November 1899, FC Barcelona Berdiri di Spanyol

Berdirinya FC Barcelona merupakan satu dan sekian banyak peristiwa yang terjadi pada 29 November seperti terangkum dalam Sejarah Hari Ini.

Pemerintah Untuk Sementara Tutup Pintu Masuk Indonesia

Peraturan ini dikecualikan kepada pemegang visa diplomatik dan dinas, pejabat asing setingkat menteri ke atas, beserta rombongan yang melakukan kunjungan resmi.

Dihantui Varian Omicron, Israel Ngotot Gelar Miss Universe

Peserta Miss Universe akan diberikan keringanan dengan kemungkinan menjalani tes usap PCR setiap 48 jam dan tindakan pencegahan lainnya.

Direvisi Luhut, Ini 11 Negara yang Warganya Dilarang Berkunjung

Tak berapa lama setelah pengumuman Ditjen Imigrasi, Luhut Binsar Pandjaitan melakukan jumpa pers merevisi jumlah negara yang warganya dilarang berkunjung ke Indonesia.

Dukung Anies Capres 2024, Emak-Emak Sumut Gerilya via Medsos

Emak-emak Sumatra Utara itu gencar menyosialisasikan Anies Baswedan melalui berbagai media sosial (medsos).

Lolos Ujian, Erick Thohir Resmi Jadi Anggota Banser

Tak berbeda dengan calon anggota lain, Erick Thohir juga menjalani sejumlah ujian yang cukup berat untuk menjadi anggota.

Pria di Bukittinggi Habisi Nyawa Selingkuhan Istri

Kapolresta Bukittinggi mengatakan pelaku mendapati istrinya berselingkuh dengan korban ketika pulang ke rumah.

Satu dari 15 Perempuan Usia 15 Tahun ke Atas Jadi Korban Kekerasan

Pemilihan rentang waktu tersebut untuk menghubungkan secara simbolis kekerasan terhadap perempuan dan hak asasi manusia. Kekerasan terhadap perempuan adalah pelanggaran hak asasi perempuan.

Nekat, Pria Guatemala Menyusup di Roda Pesawat Hingga ke AS

Seorang penumpang gelap asal Guatemala yang bersembunyi di bilik roda pendarat pesawat American Airlines yang terbang ke Miami, Florida, Amerika Serikat.

Perhatian! Indonesia Terlarang untuk Kunjungan Warga 8 Negara Ini

Jika ada orang asing yang pernah berkunjung ke negara-negara tersebut dalam kurun waktu 14 hari ke belakang, maka di tempat pemeriksaan imigrasi akan langsung ditolak masuk Indonesia.

Pentolan KKB Papua Diringkus, Ini Deretan Kejahatannya

Kepala Satgas Humas Operasi Nemangkawi, Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal menyebutkan, Temius Magayang merupakan Komandan Operasi KKB XVI Wilayah Yahukimo sekaligus buronan sederet kasus pembunuhan.

Covid-19 Varian Omicron Muncul di Afrika, Sejumlah Negara Tutup Pintu

Sejumlah negara memperketat pembatasan perjalanan setelah virus corona Covid-19 varian baru diidentifikasi di kawasan Afrika selatan awal pekan ini.

Gamelan Memengaruhi Musik Barat Sejak Awal Abad XX

Pagodes dari Estampes pour Piano (1903), misalnya, menggunakan sistem pentatonik dan tempi bertingkat (semakin tinggi nada, semakin cepat suaranya; semakin rendah nadanya, semakin lambat suaranya) yang membangkitkan suara gamelan

Facebook Dominasi Sebaran Hoaks Soal Covid-19, Ini Datanya!

Facebook menjadi platform media sosial yang paling banyak digunakan untuk menyebar informasi tidak benar alias hoaks terkait Covid-19.

Pelaku Ditangkap, Ini Kronologi Kasus Mutilasi Driver Ojol di Bekasi

Warga dihebohkan dengan kasus mutilasi yang korbannya ditemukan di tepi jalan Kecamatan Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Inisiatif Masjid Hijau Menggalang Komunitas Masjid Peduli Krisis Iklim

Aliansi Umat untuk Bumi atau Ummah for Earth bersama Greenpeace Timur Tengah dan Afrika Utara mengumumkan peluncuran inisiatif baru masjid hijau yang bertujuan mengurangi jejak karbon masjid.