SOLOPOS.COM - Busana batik koleksi Tokosolopos.com, (Istimewa)

Solopos.com, SOLO – Mengawali 2020, merek Pisalin by Toko Solopos mempersembahkan karya baru penuh cinta. Gagasan tersebut diwujudkan lewat lima rancangan terbaik bertema Klamby Aimee yang dirilis dalam acara Local Truck Fashion Show di Lippo Plaza Jogja, Minggu (30/11/2019).

Menggabungkan dua bahasa, Klamby Aimee merupakan simbol sakral menyatunya dua konsep besar. Klamby yang diambil dari kata klambi dalam bahasa Jawa berarti baju. Sedangkan aimee diambil dari bahasa Prancis yang berarti anak perempuan tercinta, mencintai, atau dicintai.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kesakralan busana penuh cinta tersebut juga mengandung makna penting tentang lokalitas dan wacana global. Harapan besar tersematkan dalam garapan baru ini, agar karya anak negeri turut ambil bagian dalam tren fashion dunia.

Busana perpaduan shibori dan tenun dari Pisalin by Tokosolopos. (Tokosolopos)
Busana perpaduan shibori dan tenun dari Pisalin by Tokosolopos. (Tokosolopos)

Optimisme menantang Tahun Baru 2020 diwujudkan dalam koleksi warna indigo yang menyiratkan semangat. Didominasi biru, putih, dan merah yang diambil dari warna dasar kain Shibori khas Solo dan tenun Jepara.

Wastra nusantara yang terinspirasi dari kesenian Jepang dengan pola pewarnaan menggunakan teknik melipat, melilit, serta mengikat layaknya kain jumputan ini diaplikasikan dalam potongan all size, dan teknik drapery.

Wujud item fashion-nya berupa outer, rok berkancing, rok kombinasi tenun yang juga bisa dikenakan sebagai dress, kulot, dan atasan tali yang cocok dikenakan untuk bersantai.

Tren Batik Modern 2020
Tren batik modern 2020 / Instagram @tokosolopos

Busana Pisalin by Tokosolopos kali ini menonjolkan konsep mix and match sehingga tiap busana bisa dibongkar pasang dan saling melengkapi dengan item lain. Para fashionista ditantang berkreasi dengan rancangan ready to wear ini.

Jumpsuit pendek warna biru dan putih bertali misalnya, bisa dikenakan utuh sebagai dress pendek, atau kulot. Juga cocok dikenakan dengan outer merah panjang.

Sementara outer merah panjang tersebut juga bisa diubah menjadi syal atau selendang dengan mencopot kancing di bagian bawah lengan. Hampir tak ada aksesori lain dalam rancangan ini. Mereka hanya menggunakan teknik tempel motif shibori dengan tenun Jepara.

“Ini memang didesain all size dengan model kreasi begini agar bisa dikenakan semua ukuran. Satu busana bisa dibuat berbagai model. Seperti rok pendek ini yang juga bisa jadi dress sederhana dengan mengaitkan talinya pada bahu,” kata Store Manager Tokosopolos, Nina Andriyani kepada Solopos.com.

Rancangan baru

Rancangan baru ini dipersembahkan untuk fashionista Solo dan sekitarnya yang mendamba penampilan segar dengan busana simpel namun elegan. Pemilihan kain nyaman dari bahan paris mendukung mobilitas mereka yang bakal kelewat sibuk di era Industri 4.0 mendatang.

Semua koleksi bisa dikenakan untuk menghadiri agenda formal maupun non formal. Pilih alas kaki sneakers untuk menambah kesan santai. Untuk tatanan rambut, cukup diikat rapi atau mengenakan hijab dengan warna senada.

Tren Batik Modern 2020
Instagram @tokosolopos

Nina Andriyani mengatakan Klamby Aimee menjadi komitmen awal Pisalin by Tokosolopos untuk terus berkarya pada 2020. Setelah ini, Pisalin berencana merilis beberapa tema anyar dengan bahan dasar wastra nusantara setiap dua bulan sekali. Tak hanya batik Solo, ia mengeksplor kain tradisional lain dengan rancangan kekinian tentunya.

Upaya itu dilakukan agar pembeli setia Pisalin tetap bisa mengenakan ragam wastra nusantara dengan gaya busana yang up to date. Sebelumnya, gagasan tersebut baru diwujudkan lewat rancangan busana berbahan lurik sejak dua tahun terakhir.

Fashionista yang penasaran dengan koleksi tersebut bisa langsung datang ke Tokosolopos yang beralamat di Griya Solopos Jalan Adisucipto No 190 atau akun instagram @cataloguepisalin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya