SOLOPOS.COM - Petugas memasang cincin di kaki elang sebelum dilepasliarkan, Selasa (22/4/2014). (JIBI/Harian Jogja/Switzy Sabandar)

Harianjogja.com, KULONPROGO—Wildlife Rescue Center (WRC) Kulonprogo menandai seekor Elang Brontok (Nisaetus Chirrhatus), Selasa (22/4/2014).

Penandaan berupa pemberian cincin di kaki elang serta memberi tanda di sayap (wing marker) dilakukan sebelum pelepasliaran burung raptor yang dilindungi tersebut di Suaka Margasatwa Sermo akhir April mendatang.

Promosi Mendamba Ketenangan, Lansia di Indonesia Justru Paling Rentan Tak Bahagia

Penanggungjawab wilayah Jateng-DIY Indonesian Bird Banding Scheme, Ign. Pramana Yuda, menuturkan, pemberian tanda pada Elang Brontok sebagai identitas yang memudahkan indentifikasi individu burung. “Hal ini menjadi proses yang harus dilakukan sebelum burung dirilis ke alam bebas,” ujarnya kepada wartawan.

Ekspedisi Mudik 2024

Identitas, terangnya, bermanfaat bagi pengamatan populasi dan persebaran. Misal, Elang brontok yang ditemukan di Sermo ternyata juga ditemukan di tempat lain.

Dijelaskannya, penandaan dapat berupa pemberian cincin di kaki elang, menandai sayap, dan menanam microchip di bawah lapisan kulit elang. Kali ini, penandaan hanya meliputi pemberian cincin dan wing marker karena alasan kesehatan.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari dokter hewan yang ikut menangani penandaan, kata Pram, jeda waktu pemasangan alat dan pelepasliaran satwa harus lebih dari satu minggu, akan tetapi pada Elang Brontok ini jaraknya hanya tujuh hari. “Jadi, daripada burungnya stress lebih baik tidak usah dipasang microchip,” kata dia.

Kendati demikian, ia tidak memungkiri, pemasangan microchip merupakan cara memberi identitas yang paling ampuh karena tidak bisa terbaca orang awam, sehingga saat terjadi operasi di pasar hewan dapat diketahui oleh petugas yang membawa alat scan, apakah satwa tersebut hasil pencurian atau bukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya