SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

EKTP Kulonprogo baru ada 1 kecamatan yang bisa melakukan pencetakan

Harianjogja.com, KULONPROGO-Pelayanan pencetakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik atau EKTP di kecamatan di Kulonprogo hanya bisa dilakukan di Kecamatan Galur. Pasalnya, pemerintah daerah masih kesulitan melakukan pengadaan sarana yang sesuai dengan layanan tersebut di masing-masing kecamatan.

Promosi Primata, Permata Indonesia yang Terancam Hilang

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kulonprogo, Djulistyo mengatakan bahwa rintisan pelayanan pencetakan EKTP di kecamatan baru dilakukan pada dua pekan lalu. Galur dipilih karena lokasinya yang berada di bagian selatan Kulonprogo sehingga bisa mengakomodasi warga yang jauh dari pusat kota.

Selain itu, ruang pelayanan terpadu di Kecamatan Galur juga dianggap memadai untuk pelayanan ini. Pasalnya, pencetakan EKTP membutuhkan suhu ruangan terjaga dan luas ruangan yang cukup. Djulistiyo mengatakan bahwa hal tersebut dilakukan guna menjaga kondisi alat cetaknya. Hasil cetak EKTP sendiri akan gagal dan rusak apabila suhu ruang tidak dijaga.

Kepala Bidang Kependudukan Disdukcapil Kulonprogo, Sri Harningsih menjelaskan bahwa sebenarnya Pemkab Kulonprogo telah memiliki alat cetak E-KTP yang relatif mencukupi untuk seluruh kecamatan.

Hanya saja, kondisi sarana dan prasarana sejumlah kantor kecamatan belum sesuai dengan standarisasi penggunaan aset. Padahal jika dipaksakan maka dikhawatirkan bahwa aset jutaan rupiah tersebut akan rusak.

“Padahal harganya mahal daripada rusak semua,” jelasnya, Selasa (23/8/2016).

Pemkab Kulonprogo sendiri belum bisa membiayai pengadaan UPS dan stabilizer untuk seluruh kecamatan ini. Pihak kecamatan sendiri masih sulit melakukan pembiayaan dan pembangunan ruang pelayanan yang membutuhkan banyak dana tersebut.

Meski demikian, pihaknya masih berupaya untuk menambah satu rintisan pelayanan pencetakan di kecamatan pada akhir tahun ini. Sri menyebutkan bahwa akan dipilih kecamatan yang juga berada di ujung-ujung kawasan Kulonprogo guna memudahkan warga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya