SOLOPOS.COM - Seorang warga tengah menjalani proses perekaman data biometrik untuk pembuatan e-KTP di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jogja, beberapa waktu lalu. E-KTP juga memiliki kerawanan jika ada peretas yang masuk ke dalam database yang tidak terjamin keamanannya. (JIBI/Harian Jogja/Gigih M Hanafi)

EKTP Jogja semakin dipercepat perekamannya

Harianjogja.com, JOGJA-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Jogja akan mendatangi Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) untuk mempercepat proses perekaman data kartu tanda penduduk secara elektronik atau EKTP.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Direncanakan dalam minggu ini sudah terlaksana,” kata Kepala Seksi Penerbitan KTP dan Kartu Keluarga, Disdukcapil Kota Jogja, Bram Prasetyo, saat dihubungi Selasa (23/8/2016).

Ekspedisi Mudik 2024

Bram mengatakan sampai Juli 2016 lalu masih ada sekitar 15.000-an warga Jogja yang belum melakukan perekaman data EKTP. Sementara sesuai surat edaran dari Kementrian Dalam Menegri (Kemendagri) batas perekaman data EKTP sampai 30 September mendatang.

Selanjutnya bagi warga yang belum melakukan perekaman akan terkena sanksi berupa penonaktipan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Jika NIK dinonaktipkan, maka tidak bisa digunakan untuk mengakses semua jenis pelayanan. Bram mengatakan akan segera mengirimkan data penduduk yang belum melakukan perekaman kepada RT/RW.

“Supaya didorong segera merekam EKTP ke kecamatan atau ke Dinas Kependudukan dan pencatatan Sipil,” katanya.

Ia mengatakan perekaman data EKTP bisa dilakukan di semua kecamatan. Sampai saat ini, diklaimnya semua alat perekaman data EKTP di 14 kecamatan dan di kantor Disdukcapil dalam kondisi baik.

Selain mendatangi RT/RW, Bram mendambahkan pihaknya juga tengah menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang siap setiap saat melayani perekaman data EKTP di kecamatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya