SOLOPOS.COM - Kades Berjo Suyatno diperiksa tim penyidik Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Negeri Karanganyar terkait kasus dugaan korupsi dana BUMDes pada Rabu (11/5/2022). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Ekspos kasus dugaan korupsi pengelolaan dana Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar, akan digelar di Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Tengah.

Gelar perkara kasus tersebut tinggal menunggu hasil penghitungan kerugian negara oleh Inspektorat Daerah Karanganyar.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Kami masih menunggu itu [penghitungan kerugian negara],” kata Kasi Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Negeri (Kejari) Karanganyar Tubagus Gilang Hidayatullah, Selasa (7/6/2022).

Ia memastikan tidak ada intervensi dalam proses audit kasus BUMDes Berjo. Tim penyidik Kejari Karanganyar menyerahkan sepenuhnya audit pengelolaan dana BUMDes Berjo di tangan Inspektorat.

Baca Juga: Waduh, Sehari 3 Lokasi di Berjo Karanganyar Longsor

Sebelumnya tim penyidik Kejari menemukan adanya indikasi kerugian negara dalam penggunaan dana BUMDes Berjo. Kasus tersebut saat ini masuk dalam tahapan penyelidikan oleh penyidik Seksi Pidana Khusus (Pidsus).

 

Mengenai indikasi besarnya kerugian negara, dia belum dapat menyebutkan angka pasti. “Angkanya tunggu audit Inspektorat,” katanya.

Terkait dengan aliran dana pengelolaan BUMDes, dia enggan memberikan keterangan lebih lanjut. “Soal aliran dana, nantilah. Kita fokus kepada penggunaan dana BUMDes,” tuturnya.

Tubagus mengatakan hasil gelar perkara di Kejati Jateng akan menentukan apakah kasus dilanjutkan ke tahap penyidikan atau diperpanjang waktu penyelidikannya. Masih terbuka opsi penyelidikan dihentikan.

Baca Juga: Dugaan Kasus Korupsi, Inspektorat Terjunkan 5 Auditor ke BUMDes Berjo

“Sudah 15 saksi yang diperiksa. Mudah-mudahan bisa secepatnya di ekspose,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya