Ekspor Mobil 2019 Ditarget Tembus 450.000 Unit

Ekspor mobil tahun ini ditargetkan menembus angka 400.000-450.000 unit seiring dengan upaya optimalisasi penggunaan komponen lokal guna memiliki daya saing tinggi.

Ekspor Mobil 2019 Ditarget Tembus 450.000 Unit

SOLOPOS.COM - Model berpose di samping kendaraan yang dipamerkan pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 di Surabaya, Jumat (29/3/2019). (Antara-Zabur Karuru)

Solopos.com, SURABAYA — Ekspor mobil tahun ini ditargetkan menembus angka 400.000-450.000 unit seiring dengan upaya optimalisasi penggunaan komponen lokal guna memiliki daya saing tinggi.

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto mengatakan produk otomotif nasional telah diakui kompetitif di kancah internasional karena tidak terlepas dari pengoptimalan komponen lokal yang semakin meningkat.

“Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) ini yang menjadi kunci keberhasilan dari sektor industri otomotif nasional, yang diharapkan mampu menjadi hub bagi pasar ASEAN bahkan di tingkat Asia,” katanya saat pembukaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) di Surabaya, Jumat (29/3/2019).

Kemenperin mencatat pada 2018 Indonesia telah mengekspor mobil sebanyak 346.000 unit atau setara US$4,78 miliar. Sebanyak 264.553 unit merupakan ekspor mobil completely built up (CBU) Indonesia yang mengalami kenaikan 14,4% dibanding 2017.

Sedangkan mobil completely knock down (CKD) sekitar 82.000 unit. Selain mobil, ekspor komponen otomotif juga meningkat 6,6% yakni dari 81,2 juta pcs menjadi 86,6 juta pcs pada 2018.

Airlangga mengatakan saat ini industri otomotif di Indonesia telah berkembang menjadi basis produksi kendaraan jenis MPV, truk, dan pikap, tapi target pengembangan ekspor pasar global diarahkan sebagai pemasok kendaraan jenis sedan dan SUV.

“Kami juga mendorong agar manufaktur-manufaktur otomotif dalam negeri dapat merealisasikan program pengembangan kendaraan rendah emisi atau Low Carbon Emission Vehicle (LCEV) dengan target pada 2025 bisa produksi kendaraan listrik sebesar 20%,” imbuhnya.

Adapun pada gelaran GIIAS yang dibuka di Surabaya itu mengangkat tema GIIAS The Series, dengan mencakup empat kota, mulai dari Surabaya dan disusul Jakarta, Makassar, dan Medan.

Kegiatan ini bakal menargetkan pengunjung sebanyak 50.000 orang selama 29 Maret–7 April 2019, dan target penjualan mencapai 2.500 unit atau naik dibanding tahun lalu sebanyak 2.200 unit.

Berita Terkait

Berita Terkini

Gubernur DKI Minta Dua Harimau Ragunan Dites PCR

Gubernur DKI berpesan agar pengelola terus memantau kondisi kesehatan Tino, Hari maupun satwa lainnya yang ada di TMR.

Mantap! Tempat Isolasi Terpusat GOR Gelarsena Klaten Bakal Dilengkapi Fasilitas Olahraga dan Buku

Fasilitas di tempat isolasi terpusat GOR Gelarsena Klaten bakal ditambah. Rencananya, tempat isolasi terpusat itu bakal ditambahi perlengkapan olahraga hingga buku.

Kisah Pilu Azalea, Bayi 9 Bulan asal Sragen yang Harus BAB Lewat Perut

Nasib malang dialami bayi berumur sembilan bulan asal Sidoharjo, Sragen, yang mengalami kelainan hingga harus BAB lewat perut.

Dua Harimau Ragunan Tertular Corona dari Siapa?

Ada kemungkinan kedua satwa itu tertular dari pasien orang tanpa gejala (OTG).

Ulama Golkar: Saatnya Pak Airlangga Jadi Presiden

Sebagai Ketua Umum Partai Golkar yang juga Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, kemampuan Airlangga untuk memimpin Indonesia tidak perlu diragukan lagi.

Perawat RSUD Bung Karno Solo Tengah Hamil 7 Bulan Meninggal Positif Covid-19, Begini Kronologinya

Perawat RSUD Bung Karno Solo meninggal dunia dalam kondisi hamil tujuh bulan dan terkonfirmasi positif virus coron, Minggu (1/8/2021).

Pemindahan Pasien Covid-19 Klaten ke Donohudan

47 Warga Klaten Sembuh Setelah Menjalani Isolasi di Donohudan Warga terkonfirmasi positif Covid-19 diantar menjalani isolasi di tempat isolasi terpusat Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Minggu (1/8/2021).

Spesifikasi Realme GT Master Explorer, Ponsel Mewah yang Terinspirasi dari Koper

Realme GT Master Explorer hadir dengan spesifikasi gahar dan desain menarik yang terinspirasi dari bentuk koper.

Kepatuhan Lapor SPT Pajak di Kanwil DJP Jateng Capai 77,58%

Tingkat kepatuhan penyampaian surat pemberitahuan (SPT) tahunan tahun pajak 2020 di lingkup Kantor Kanwil DJP Jawa Tengah II mencapai 77,58%.

Pedagang Berjualan di Ruang Isolasi Covid-19, Rumah Sakit Mengaku Kecolongan

Saat pedagang masuk petugas rumah sakit RSU Manado Medical Center disibukkan dengan peningkatan pasien Covid-19.

Mantap Lur! Ada 20.000 Dosis untuk Vaksinasi Suporter Persis Solo

Sebanyak 20.000 dosis vaksin Covid-19 bakal didistribusikan dalam program vaksinasi suporter Persis Solo di Stadion Manahan, Solo, 14 Agustus 2021.

Innalillahi, Perawat RSUD Bung Karno Solo Yang Tengah Hamil Meninggal Positif Corona

Seorang perawat RSUD Bung Karno Solo yang tengah hamil meninggal setelah terkonfirmasi positif virus corona.