EKSPOR KOMODITAS : Kadin Jateng Dorong Ekspor Melalui Website

EKSPOR KOMODITAS : Kadin Jateng Dorong Ekspor Melalui Website

SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/Solopos/dok)

Ekspor komoditas harus dilakukan untuk meningkatkan pertumbuhan usaha. Kadin Jawa Tengah mengimbau pelaku usaha untuk melakukan ekpsor dengan memanfaatkan teknologi.

Solopos.com, SOLO—Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jateng mendorong pelaku usaha melakukan ekspor dengan meluncurkan getasean.com. Menggandeng pengusaha dari Singapura dan Malaysia, layanan tersebut diharapkan juga mampu meningkatkan bisnis anggotanya.

Project Coordinator Getasean.com, Novi Prastyawan, mengatakan website tersebut diluncurkan pada April lalu dan sebanyak 25 perusahaan dengan 30 penawaran sudah bergabung. Menurut dia, hingga kini sosialisasi terus dilakukan untuk menggaet lebih banyak peserta mengingat anggota Kadin di Jateng sekitar 700 pengusaha.

“Kami menciptakan tempat promosi dan berjualan jadi sekarang mencari pedagangnya. Layanan penjualan di getasean.com bukan ritel tapi penjualan dalam jumlah besar, yakni business to business,” ungkap Novi saat ditemui wartawan di Pose In Hotel, Rabu (20/5/2015).

Dia menjelaskan website tersebut tidak hanya untuk bertransaksi tapi juga promosi dan display produk. Novi mengatakan Jateng memiliki potensi ekspor yang sangat besar tapi selama ini hanya produk mebel serta tekstil dan produk tekstil (TPT) yang paling banyak diekspor. Oleh karena itu, pihaknya ingin menunjang ekspor produk lain, seperti kopi, mesin industri, handycraft dan lainnya.

Menurut dia, Singapura dan Malaysia dipilih karena lokasinya yang dekat. Apalagi Singapura merupakan pintu perdagangan untuk menuju belahan dunia lainnya. Meski begitu, dia menyampaikan tidak menutup kemungkinan akan bekerja sama dengan negara ASEAN lainnya.

Selain menawarkan tempat promosi, website ini juga menawarkan keamanan transaksi melalui trust pay system sehingga transaksi lintas negara yang dilakukan aman. Menurut dia, ada potensi gagal bayar oleh buyer setelah barang dikirim.

Oleh karena itu, melalui website ini, hal tersebut bisa dihindari. Hal ini karena member yang terdaftar sudah terverifikasi. Pada layanan tersebut juga melekat asuransi produk dan pengiriman sehingga buyer dan seller terlindungi. Namun diakuinya, yang bisa memanfaatkan website ini adalah anggota Kadin mengingat layanan ini dimunculkan untuk memberi nilai tambah bagi anggota.

Branch Manager (BM) PT Anugerah Tangkas Transportindo (ATT), Emilda, berharap dengan kerja sama dalam getasean.com, omzet perusahaan meningkat. Menurut dia, potensinya cukup besar mengingat banyak pengusaha kecil atau UKM di Jateng dengan kualitas produk yang baik.
“Kami menyediakan totally logistic solution kepada pelanggan. Selain itu, juga akan mendekati UKM secara personal, terutama yang belum memiliki izin ekspor. Akan kami bantu untuk pengurusannya,” ujarnya.

Berita Terkait

Berita Terkini

GEMBIRA, Rahasia Kak Seto Bisa Parkour di Usia 70 Tahun

Di usia nyaris 70 tahun, Kak Seto masih sanggup parkour.

Resmi! KPK Nonaktifkan Novel Baswedan dan 74 Pegawai

Penyidik senior KPK, Novel Baswedan, bersama 74 pegawai KPK lainnya dinyatakan tidak lolos TWK dan dinonaktifkan KPK.

Ganjar Perkirakan Kasus Covid-19 di Jateng Bakal Naik Seusai Lebaran

Seluruh kepala daerah tidak boleh lengah, meski pun kasus Covid-19 di Jateng tengah mengalami tren menurun.

Memoles Perhiasan Lama Terlihat Gilap Seperti Baru, Catat Tipsnya!

Memoles Perhiasan Lama Tampak Gilap Seperti Baru

Keracunan Massal Karangpandan: 29 Orang Masih Dirawat Di RS Dan Puskesmas

Sebanyak 29 orang dari total 55 korban keracunan massal Puntukringin, Gerdu, Karangpandan, Karanganyar, masih dirawat di RS dan puskesmas

Wisatawan Luar Daerah Boleh Piknik ke Objek Wisata Klaten Saat Lebaran 2021

Pemkab Klaten tidak membatasi daerah asal pengunjung yang ingin datang ke objek wisata di wilayah Kabupaten Bersinar saat Lebaran 2021.

Pemudik Ini Tiba-Tiba Kesurupan saat Dihentikan Petugas di Pos Penyekatan

Dalam video itu terlihat seseorang yang memakai ikat batik berteriak sambil melakukan gerakan tak biasa.

Mengenal Prepekan, Tradisi Berbelanja Jelang Lebaran di Pasar Tradisional

Dalam tradisi menjelang Lebaran di wilayah Sragen ada istilah yang dikenal dengan sebutan prepekan. Tradisi prepekan itu adalah tradisi orang Jawa berbelanja ke pasar untuk memenuhi kebutuhan saat Lebaran.

Plosorejo Karanganyar Sempat Masuk Zona Merah Covid-19, Ternyata Klaster Ini Penyebabnya

Desa Plosorejo, Kecamatan Matesih, Karanganyar, sempat masuk zona merah risiko Covid-19 karena ada satu klaster dengan 18 kasus positif.

Ini Kriteria Botol Air Minum Kemasan yang Aman dan Sehat

Sebagai pembeli kita harus jeli memperhatikan kualitas botol air minum kemasan.

Zona Merah dan Oranye Dilarang Gelar Salat Id Berjemaah, Ini 12 Daerah Zona Merah di Indonesia

Juru Bicara Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito, menjelaskan setiap kegiatan ibadah seperti salat tarawih, salat id, zakat, khutbah, dan iktikaf dilarang digelar di zona merah dan zona oranye.

Seorang TKW asal Bantul Meninggal di Taiwan, Disnakertrans Upayakan Pemulangan Jenazah

Disnakertrans Bantul berupaya memulangkan jenazah TKW yang meninggal di Taiwan.