SOLOPOS.COM - Pekerja mengawasi proses pemindahan gerbong kereta api dari truk pengangkut ke kapal kargo Seiyo Spring di Terminal Jamrud Utara Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (30/3/2016). PT Industri Kereta Api (Inka) mengekspor sebanyak 15 unit gerbong kereta api jenis Meter Gauge (MG) dan Board Gauge (BG) pada tahap pertama dari 150 unit ke Bangladesh. (JIBI/Solopos/Antara/M. Risyal Hidayat)

Ekspor Kereta Api dilakukan PT Inka Madiun ke Bangladesh.

Madiunpos.com, JAKARTA – Sebanyak 15 gerbong kereta api bikinan PT Industri Kereta Api (INKA) Persero Madiun mulai diekspor ke Bangladesh yang dikirim melalui Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Pelindo III tengah melakukan pemuatan gerbong kereta api, untuk selanjutnya diberangkatkan ke Bangladesh,” kata Sekretaris Perusahaan Pelindo III, Yon Irawan, dalam siaran pers di Jakarta, Rabu (30/3/2016).

Ekspedisi Mudik 2024

Dia mengatakan untuk tahap awal akan dikirim sebanyak 15 gerbong dan selebihnya dilakukan bertahap hingga mencapai 150 unit gerbong pada Agustus 2016.

“Kegiatan pemuatan sudah dilakukan Pelindo III sejak Rabu pagi dan dijadwalkan selesai besok untuk kemudian berangkat menuju Bangladesh,” ujar dia.

Pemberangkatan ekspor gerbong kereta api tersebut akan disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo, Kamis (31/3/2016).

Presiden Jokowi dipastikan akan menyaksikan langsung pemuatan gerbong kereta api ke atas kapal MV Seiyo Spring serta melepas keberangkatan kapal tersebut menuju Bangladesh.

Menurut catatan, Inka yang bermarkas di Madiun, Jawa Timur ini memenangkan tender pengadaan kereta penumpang berbagai tipe di Bangladesh setelah mengalahkan beberapa produsen kereta dari India dan Tiongkok.

Kegiatan pemuatan gerbong kereta api ke atas kapal MV Seiyo Spring dilakukan sepenuhnya oleh Pelindo III.

“Ini menunjukkan eksistensi kami sebagai operator terminal pelabuhan.?Pemuatan gerbong kereta api menggunakan dua unit Harbour Mobile Crane (HMC) milik Pelindo III,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya