SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Ekspor kerajinan Bantul turun drastis terdampak krisis

Harianjogja.com, BANTUL– Ekspor produk asal Bantul ke luar negeri turun senilai 10% akibat krisis ekonomi global. Kondisi ini dikhawatirkan berdampak buruk pada perusahaan dan karyawan di Bantul.

Promosi Championship Series, Format Aneh di Liga 1 2023/2024

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Bantul Sulistyanta mengumumkan, persentase ekspor produk asal Bantul pada periode Januari-September tahun ini turun bila dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Namun sayang Sulistyanto tidak dapat menunjukkan data berapa nilai ekspor yang turun dalam bentuk dolar maupun rupiah sepanjang tahun ini. “Saya tidak hafal berapa nilainya hanya saja angkanya 10%,” kata Sulistyanta, Jumat (23/10/2015).

Sejumlah produk yang mengalami penurunan ekspor antara lain furniture. Kondisi tersebut menurutnya dikarenakan krisis ekonomo global yang menyebabkan pembelian dari buyer di luar negeri menurun. “Misalnya di Eropa kan beberapa negara seperti Yunani belum seluruhnya pulih. Padahal furniture kebanyakan dijual ke Eropa,” paparnya.

Padahal selama ini, tren ekspor produk asal Bantul diklaim terus naik. Kendati pertumbuhannya hanya berkisar nol koma sekian persen hingga satu persen lebih. Penurunan hingga 10% dinilai memberatkan perusahaan.

Ditambahkannya, penurunan nilai ekspor terjadi pada perusahaan dalam dan luar negeri yang beroperasi di Bantul. Ia khawatir bila kondisi ini terus berlanjut akan berdampak buruk ke perusahaan maupun tenaga kerja di perusahaan itu.

“Kalau ekspornya turun tentu ekonomi perusahaan bisa terganggu, dampaknya kan ke perusahaan itu tenaga kerja juga ekonomi Bantul pada umumnya,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya