Ekspor ke Timur Tengah potensial meningkat

JAKARTA: Ekspor produk Indonesia ke Timur Tengah tetap berprospek cerah dan berpotensi meningkat, meskipun sejumlah negara di Eropa dan Amerika mengalami krisis finansial.

Ketua Komite Tetap Kerjasama Ekonomi Timur Tengah dan Negara-negara Islam KADIN Indonesia, Farchry Thaib, di Jakarta, Sabtu (23/5), mengatakan, permintaan produk Indonesia oleh negara-negara Timur Tengah tetap tinggi asalkan pengusaha Indonesia mampu melayani dan memenuhi spesifikasinya.

"Ekspor produk Indonesia ke Timur Tengah ada sebanyak 450 jenis produk yang itemnya mencapai 1.800 macam," kata Fachry Thaib.

Produk Indonesia yang diminati negara-negara Timur Tengah, antara lain, kendaraan bermotor, ban, kayu olahan, furnitur, kerajinan, kertas, margarin, CPO, susu, dan, plat besi.

Dijelaskanya, nilai ekpsor Indonesia ke Timur pada tahun 2008 yang terdata oleh KADIN sebesar 2,5 miliar dolar AS. Sedangkan nilai ekspor Indonesia ke Timur Tengah pada kuartal pertama 2009, kata dia, sekitar 500 juta dolar AS.

Dia memprediksi nilai ekspor Indonesia ke Timur Tengah hingga akhir 2009, bisa naik sampai 20 persen atau minimal sama dengan tahun lalu. (Antara)

Avatar
Editor:
Budi Cahyono


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom