SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA: Ekspor produk Indonesia ke Timur Tengah tetap berprospek cerah dan berpotensi meningkat, meskipun sejumlah negara di Eropa dan Amerika mengalami krisis finansial.

Ketua Komite Tetap Kerjasama Ekonomi Timur Tengah dan Negara-negara Islam KADIN Indonesia, Farchry Thaib, di Jakarta, Sabtu (23/5), mengatakan, permintaan produk Indonesia oleh negara-negara Timur Tengah tetap tinggi asalkan pengusaha Indonesia mampu melayani dan memenuhi spesifikasinya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Ekspor produk Indonesia ke Timur Tengah ada sebanyak 450 jenis produk yang itemnya mencapai 1.800 macam,” kata Fachry Thaib.

Produk Indonesia yang diminati negara-negara Timur Tengah, antara lain, kendaraan bermotor, ban, kayu olahan, furnitur, kerajinan, kertas, margarin, CPO, susu, dan, plat besi.

Dijelaskanya, nilai ekpsor Indonesia ke Timur pada tahun 2008 yang terdata oleh KADIN sebesar 2,5 miliar dolar AS. Sedangkan nilai ekspor Indonesia ke Timur Tengah pada kuartal pertama 2009, kata dia, sekitar 500 juta dolar AS.

Dia memprediksi nilai ekspor Indonesia ke Timur Tengah hingga akhir 2009, bisa naik sampai 20 persen atau minimal sama dengan tahun lalu. (Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya