Tutup Iklan

EKSPOR JATENG : Ekspor Kepiting Bakau Alami Peningkatan

EKSPOR JATENG : Ekspor Kepiting Bakau Alami Peningkatan

SOLOPOS.COM - Penyortir kepiting bekerja di pengepulan Desa Gemulak, Sayung, Demak, Jateng, Senin (22/1/2018). (JIBI/Solopos/Antara/Aji Styawan)

Ekspor di Jateng dari sektor perikanan salah satunya komoditas kepiting bakau.

Solopos.com, SEMARANG — Ekspor kepiting bakau dari Provinsi Jawa Tengah (Jateng) mengalami peningkatan mencapai 45% sepanjang tahun 2017. Peningkatan ekspor itu tak lain disebabkan meningkatnya gaya hidup sehat yang diterapkan masyarakat dengan mengonsumsi kepiting bakau.

Kepala Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Hasil Perikanan (BKIPM) Semarang Raden Gatot Perdana mengatakan, ekspor kepiting bakau memang alami peningkatan secara nilai dan ukuran.

Domestik keluar menunjukkan peningkatan nilai sebesar 45% pada 2017 atau senilai Rp273 juta dibanding tahun 2016 yang hanya berkisar Rp187 juta. Sementara itu, untuk kegiatan domestik masuk mengalami peningkatan 115% pada tahun 2017 atau sekitar Rp525 juta, naik dibanding tahun 2016 yang mencapai Rp244 juta.

“Potensi kepiting bakau di Jateng sangat tinggi sehingga nilai ekspor diharapkan bertambah,” kata Gatot dikutip Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI), Rabu (21/2/2018).

Biasanya kepiting bakau didatangkan langsung dari Kota Demak serta beberapa daerah lain di kawasan Pantura. Kepiting bakau di daerah tersebut terbilang banyak dan mudah ditangkap.

“Demak sebagai salah satu kota di pesisir utara Jateng merupakan daerah berkembang biak kepiting bakau. Sayung [Demak] merupakan habitat kepiting bakau karena banyak tumbuh tanaman bakau,” ucap Gatot.

Gatot menambahkan dari total ekspor kepiting bakau dari Jateng sekitar 89% dikirim ke kota-kota seperti Jakarta, Batam, dan Denpasar. Sementara, daerah tujuan ekspor ke luar negeri kepting bakau dari Jateng, yakni Jepang.

“Permintaan yang banyak dari dalam maupun luar negeri menjadi penyebab naiknya nilai jual kepiting. Selain itu, pengiriman kepiting bakau juga dipengaruhi oleh cuaca yang seringkali berubah akhir akhir ini,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Bek Turki Minta Maaf Seusai Timnya Kalah dari Wales di Hadapan Erdogan

Bek tim nasional Turki Umut Meras menyampaikan permintaan maaf setelah timnya kalah 0-2 melawan Wales dalam lanjutan Grup A Euro 2020.

Jangan Ikut Salah Paham soal 5G, Baca Ini!

Pemerintah baru-baru ini mengumumkan warga negara Indonesia bisa menikmati generasi kelima atau 5G teknologi seluler, jangan gagap teknologi!

Turki 0-2 Wales: The Dragons Buka Kans ke 16 Besar

Wales berpeluang besar lolos ke fase gugur apakah sebagai dua tim teratas klasemen maupun jadi salah satu dari empat tim peringkat ketiga terbaik.

Ganti Paul Pogba Singkirkan Botol Bir di Euro 2020

Setelah Cristiano Ronaldo viral karena memindahkan botol Coca-Cola dalam konferensi pers Euro 2020, Paul Pogba menyingkirkan bir Heineken.

Italia 3-0 Swiss: Menang Lagi, Gli Azzurri Lolos Duluan

Hasil 3-0 ini mengantarkan Italia lolos ke babak gugur setelah mengantungi enam poin dari dua laga.

Tokopedia Dikabarkan Milik Asing, Benarkah?

Perusahaan e-commerce kelas unicorn Tokopedia dikabarkan dimiliki pemodal asing, sehingga pendiri sekaligus CEO William Tanuwijaya bereaksi.

Peneliti Universitas Yale Temukan Virus Flu Tangkal Virus Corona

Peneliti di Universitas Yale menemukan fakta rhinovirus, penyebab flu biasa dapat melindungi manusia dari virus corona penyebab Covid-19.

Copa America 2021 Ketambahan 11 Kasus Covid-19

Copa America, turnamen Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (Confederación Sudamericana de Fútbol/Conmebol), diserang Covid-19.

Berbekal Smartphone Atau Tablet Bisa Jadi Pengusaha Lewat Alfamind 

Alfamart melalui Alfamind menawarkan peluang usaha dengan memanfaatkan teknologi digital bagi masyarakat yang ingin menjadi pengusaha.

Covid-19 di Jateng Tambah Parah, Pasien Tambah 1.884 Orang

Serangan virus corona di Jawa Tengah bertambah parah, bahkan Dinas Kesehatan Jateng mencatat penambahan 3.107 Covid-19 dalam sehari.

Ronaldo Singkirkan Botol Sponsor Euro 2020, UEFA Tutup Mulut

Cristiano Ronaldo memindahkan dua botol Coca-Cola dalam konferensi pers di Stadion Puskas Ferenc di Budapest, Hongaria dan viral di medsos.

Xiaomi Rilis Mi 11 Lite dan Mi 11 Ultra, Yuk Intip Kelebihan & Harganya!

Vendor ponsel pintar asal China, Xiaomi, meluncurkan varian Mi 11 Lite dan Mi 11 Ultra yang harus Anda cermati kelebihan dan harganya.