SOLOPOS.COM - Salah satu stan pada Ekspo Gemawang Gandem menjual produk gula semut di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Jumat (18/10/2019). (Antara-Heru Suyitno)

Solopos.com, TEMANGGUNG — Ekspo Gemawang Gandem yang dihelat Pemerintah Kecamatan Gemawang, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah diharapkan dapat mendorong pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

"Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif masyarakat," kata kata Camat Gemawang Eko Suprapto seusai pembukaan Ekspo Gemawang Gandem di Temanggung, Jateng, Jumat (18/10/2019).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kegiatan yang dibuka Bupati Temanggung M. Al Khadziq itu diharapkan bisa mendatangkan investor, sekalipun itu investor tingkat lokal. Potensi itu diyakini terbuka karena 10 desa di Kecamatan Gemawang dinilai memunyai potensi luar biasa.

"Banyak sekali potensi yang ada di wilayah kami, mulai dari hasil perkebunan hingga tempat-tempat bagus yang belum tersentuh," katanya.

Ekspedisi Mudik 2024

Camat Eko Suprapto mengatakan dalam ekspo yang baru kali pertama diselenggarakan itu, setidaknya terlibat 20 UMKM asli Gemawang. Masing-masing UMKM tersebut bergerak di bidang ekonomi kreatif dan pengembangan industri kopi.

Ia memaparkan biaya pelaksanaan ekspo itu disokong 10 Badan Usaha Milik Desa (BUM-Des) dari 10 desa di Kecamatan Gemawang. Ia berharap transaksi dalam ekspo tersebut bisa semakin meningkatkan semangat pelaku UMKM di Kecamatan Gemawang untuk semakin meningkatkan kualitas dan kuantitas produk mereka.

Bupati Temanggung M. Al Khadziq mengatakan melalui ekspo ini akan tercipta komunikasi yang bagus antara konsumen dan pelaku UMKM langsung. Menurut dia efek dari kegiatan ini akan membawa peningkatan perputaran ekonomi di kawasan Gemawang.

Konsumen, menurut dia, akan langsung memilih produk dari UMKM yang sesuai dengan keinginan mereka. "Langsung diketahui apakah produk bisa sesuai dengan konsumen atau belum," katanya.

Menurut dia, kegiatan ini juga sebagai bahan evaluasi bagi pelaku UMKM di Kecamatan Gemawang. Evaluasi itu dari produk UMKM yang dijual, apakah produk itu dibeli oleh konsumen atau tidak.

"Jika produk yang dijual itu sesuai dengan keinginan konsumen dan harganya terjangkau pasti akan terjual, namun juga akan terjadi sebaliknya," katanya.

Selain itu, katanya inovasi dan kreativitas dari pelaku UMKM akan semakin meningkat dari hasil ekspo ini.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya