Melihat Potensi Medical Tourism di Jawa Tengah

Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif mendorong dijadikannya daerah Tawangmangu di Karanganyar sebagai herbal tourism. Hal itu sejalan dengan besarnya tingkap penggunaan obat tradisional di kalangan warga Jateng.

 Warga merajang tanaman obat di salah satu gudang obat di Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional (BBPPTOOT) Tawangmangu, belum lama ini. Indonesia berpotensi besar menjadi lokasi wisata kesehatan karena keanekaragaman hayati tanaman obat yang dimiliki. (JIBI/SOLOPOS/Farid Syafrodhi)

SOLOPOS.COM - Warga merajang tanaman obat di salah satu gudang obat di Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional (BBPPTOOT) Tawangmangu, belum lama ini. Indonesia berpotensi besar menjadi lokasi wisata kesehatan karena keanekaragaman hayati tanaman obat yang dimiliki. (JIBI/SOLOPOS/Farid Syafrodhi)

Solopos.com, SOLO — Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif mendorong dijadikannya daerah Tawangmangu di Karanganyar sebagai herbal tourism. Sebanyak 32,98 persen masyarakat di Jawa Tengah (Jateng) masih melestarikan serta memanfaatkan pelayanan kesehatan tradisional.

Hal itu terungkap dalam hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Jateng 2018-2023 yang diterbitkan oleh Lembaga Penerbitan Badan Litbang Kesehatan Jateng pada 2019. Hasil riskesdas itu membuktikan bahwa masyarakat Jateng masih cukup akrab dan sering memanfaatkan layanan kesehatan tradisional.

Espos Plus

Riset Belanda Ungkap Tiga dari 10 Situs Jawa Kuno di Boyolali Hilang

+ PLUS Riset Belanda Ungkap Tiga dari 10 Situs Jawa Kuno di Boyolali Hilang

Masa Jawa Kuno meninggalkan sejumlah peradaban di Kota Susu Boyolali, di mana berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Leiden Belanda dalam riset disertasinya pada 2009, mengungkap tiga dari 10 situs dinyatakan hilang.

Terpopuler Hari Ini

Muncul di Jembatan Jurug Solo, Bagaimana Wujud Onggo-Inggi?

Bagaimana wujud Onggo-Inggi, sosok yang disebut-sebut muncul di Jembatan Jurug Lama, yang berlokasi di perbatasan Solo dan Karanganyar?

Waduh! Betonisasi Jalan di Semarang Diusik Preman, Ganjar Turun Tangan

Proyek betonisasi jalan Palir-Kaliancir di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), terkendala ulah preman yang meminta uang atau memalang pelaksana proyek.

Deretan Artis Lokal Ini Meriahkan Hari Jadi Wonogiri, Siapa Saja?

Hari Jadi Wonogiri ke-281 akan dimeriahkan oleh beberapa artis lokal. Kira-kira siapa saja mereka?

Bus Rombongan Takziah Kecelakaan di Sleman, 1 MD & 26 Orang Luka-Luka

Bus rombongan takziah mengalami kecelakaan di Ring Road Utara, Kalurahan Baturaden, Kapanewon Gamping, Sleman, dan menyebabkan seorang penumpang meninggal.

Kelar Ujian, Peserta UTBK SBMPTN UNS Solo Diadang Brosur PTS

Para peserta UTBK SBMPTN UNS Solo langsung diadang pembagian brosur pendaftaran PTS seusai mengikuti ujian pada hari pertama, Selasa (17/5/2022).

+ PLUS Dijual Rp1,5 Miliar/Kg, Gaharu Sudah Jadi Upeti Sejak Era Sriwijaya

Gaharu dikenal sebagai kayu para dewa sejak ribuan tahun lalu. Gaharu yang pernah dijadikan sebagai upeti berharga pada masa kerajaan itu kini senilai Rp1,5 triliun.

Resmi! Ternyata Ini Alasan Singapura Tolak Ustaz Abdul Somad

Kemendagri Singapura pada Selasa (17/5/2022) malam menyebut UAS ditolak masuk karena isi ceramahnya mengandung ajaran ekstrimisme.

Jokowi-Iriana Mulai Kemasi Barang Pribadi Dari Istana Presiden, Kenapa?

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi mulai kemasi barang-barang pribadi dari Istana Presiden dan mengirimnya ke rumah pribadi di Sumber, Solo.

Jadwal Bioskop XXI Hari Ini (18/5/2022): Ada Satu Film Baru Hlo

Berikut ini jadwal bioskop XXI hari ini, Rabu, 18 Mei 2022 di Kota Solo dan beberapa kota lainnya. Apa saja film yang tayang?

Ini Dia Rumah Sakit Tertua di Jawa Tengah, Ternyata Ada di Klaten

RSUP dr Soeradji Tirtonegoro di Kabupaten Klaten disebut-sebut sebagai salah satu rumah sakit tertua di Jawa Tengah atau Jateng.

Lokasi Syuting Film KKN di Desa Penari Ternyata di Gunungkidul

Tempat syuting film KKN di Desa Penari ternyata di Ngluweng, Kalurahan Ngleri, Kapanewon Playen, Gunungkidul.

Maksimal Haji Umur 65 Tahun, Menag Berharap Umat Islam Bersabar

Menag berharap aturan umur 65 tahun yang ditetapkan Arab Saudi tidak berlaku pada musim haji tahun depan.

Lirik Lagu Tak Ingin Usai - Keisya Levronka

Di bawah ini terdapat lirik lagu Tak Ingin Usai dari Keisya Levronka, yang telah tayang pada Jumat, 13 Mei 2022 dan ditonton lebih dari 450.000 kali.

Asal-Usul Desa Cawet Pemalang: Bermula dari Celana Dalam

Sejarah penamaan Desa Cawet di Kecamatan Watukumpul, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, berawal dari celana dalam.

Razia PGOT di Klaten, Satu Orang Dalam Kondisi Hamil Mengaku dari Solo

Satpol PP dan Damkar Kabupaten Klaten menjaring dua orang yang diduga PGOT dari kawasan GOR Gelarsena Klaten, bahkan salah satunya dalam kondisi hamil dan mengaku dari Solo.

Ini Loh Fungsi Background Merah & Biru di Pas Foto

Tahukah Anda kali ini membahas tentang fungsi background merah dan biru di pas foto.