SOLOPOS.COM - penampilan Aditya Ong Trio bersama Ganggeng Yudana dalam Jazz Gunung Slamet 2023, Sabtu (14/10/2023). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO–Grup jaz asal Solo Aditya Ong Trio berhasil membawakan album terbaru mereka berjudul 32 dalam konser Jazz Gunung Slamet 2023 di Wana Wisata Baturraden, Banyumas pada Sabtu (14/10/2023) lalu.

Pada kesempatan tersebut, Aditya Ong Trio menggandeng Ganggeng Yudana, seorang gitaris muda yang juga dari Solo. Ganggeng juga merupakan musisi yang digandeng grup pianis tersebut untuk berkolaborasi di album terbaru mereka.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Kepada Solopos.com, Aditya Ong dengan senang bercerita tentang besarnya animo penggemar jaz untuk album 32 saat ditampilkan di Jazz Gunung Slamet 2023. Aditya merasa dalam kesempatan tersebut adalah momen yang tepat menyajikan album terbaru mereka.

Album 32 dirilis pada Juli 2023 dengan tujuh lagu instrumentalia. Dalam konsep album 32 sendiri, kelompok musik jaz tersebut menggandeng tiga musisi untuk berkolaborasi di tiga lagu, antara lain Daniel Ryan Arditya, Ganggeng Yudana, dan Alfado Jacob.

Aditya menjelaskan lagu-lagu dalam album 32 merupakan original composition dengan pendekatan lebih luas yang inspirasinya berasal dari dalam dan luar musik.

Konsep ini menggeser konsep di dua album Aditya Ong Trio sebelumnya yang menggabungkan aransemen jaz dengan lagu-lagu dolanan lokal. Kini di album 32, Aditya Ong Trio menggunakan pendekatan dari mix musik klasik dan progresif rock.

Sementara itu secara filosofi, penggandengan tiga musisi lain adalah cara kolaborasi untuk memperluas musik jaz lokal.

Daniel Ryan Arditya adalah seorang pemain saksofon dari Banjarnegara yang tinggal di Jogja, sementara Ganggeng Yudana sendiri merupakan rekan Aditya Ong Trio di komunitas jaz Solo. Hubungan mereka tercipta dari input dan saran yang bersifat imbal balik bagi perkembangan musik Aditya Ong Trio atau Ganggeng Yudana.

Aditya menilai mengembangkan jaz bersama musisi lokal daerah akan lebih menyenangkan, sehingga dia memilih mereka walaupun banyak kawan-kawannya musisi jaz di Jakarta menawarkan diri untuk ikut dalam proyek album 32 tersebut.

“Musisi jaz lokal juga hebat-hebat dan talented, kompeten juga, kenapa nggak kami angkat. Komunitasnya juga malah tumbuh bahkan di Jogja dan Solo masing-masing memiliki komunitas yang bagus, ada kurikulumnya juga yang diajarkan di ISI Solo dan Jogja, itu sebabnya kami rasa sudah saatnya para musisi lokal ini perlu digandeng,” papar Aditya saat ditemui Solopos.com, Senin (16/10/2023).

Namun, Aditya merasa perkembangan musik jaz dan kreativitas musisi Solo masih terkendala karena lapangan pekerjaan dan pasar yang tidak sebesar Jakarta. Menurut dia, salah satu upaya melawan hal itu adalah keinginan dari dalam diri untuk terus berkarya.

Selain terus berkarya, upaya lainnya adalah membuka diri untuk eksplorasi berbagai jenis musik dan genre agar menciptakan kreasi yang lebih baik lagi. Aditya sendiri juga menilai perkembangan musik kontemporer di Solo masih sangat bisa dikembangkan guna menciptakan hal baru.

Sementara itu, Aditya juga memuji ambience Jazz Gunung Slamet 2023 yang tidak kalah dengan Jazz Gunung Bromo.

“Kami baru sekali ikut dalam festival jaz di pegunungan ya, yaitu di Bromo 2022 lalu, lalu rencana main lagi di [Kawah] Ijen tetapi vakum karena pandemi. Nah untuk di Gunung Slamet ini sebenarnya first edition biasanya dua hari tetapi cukup sehari, ternyata animo penonton cukup oke, audience juga oke, penyelenggaranya sudah berpengalaman sih,” ujar Aditya.

Aditya menilai ada sedikit pembeda dalam konsep panggung festival Jazz Gunung Slamet 2023 dibandingkan dengan festival jaz di area pegunungan lainnya. Menurut dia, di Bromo sering diselenggarakan selama 2 hari 2 malam, kali ini di Gunung Slamet cukup sehari saja.

Selain itu, para penonton di Jazz Gunung Slamet 2023 juga duduk di area perkemahan, tidak seperti yang sering diselenggarakan di Gunung Bromo.

Dalam festival tersebut juga menampilkan Marcell, Tohpati and Friends feat Sandhy Sandoro, Jess Kidding, Jagarta, dan penampilan Rianto bersama Oemah Karnaval.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya